Dark/Light Mode

Maekyung Indonesia Forum, Perkuat Kolaborasi Ekonomi Indonesia-Korsel

Rabu, 17 Mei 2023 21:00 WIB
Gala Dinner Perayaan Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Korsel di Jakarta pada Senin (15/5/2023). [Foto: KBRI Seoul]
Gala Dinner Perayaan Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Korsel di Jakarta pada Senin (15/5/2023). [Foto: KBRI Seoul]

 Sebelumnya 
Sementara Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, yang menjadi pembicara pada sesi Diskusi Pertama “Korea-Indonesia Future Partnership”, menekankan kembali komitmen Indonesia mempercepat penyelesaian berbagai proyek investasi luar negeri yang tengah berjalan, guna mendorong industrialisasi nasional.

Sedangkan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, yang hadir pada Sesi Diskusi Kedua “Cooperation in Agri-Food Sector”, mengajak Korsel berkolaborasi dengan Indonesia dalam meningkatkan keterbukaan akses pasar produk-produk agrikultur dan makanan dari kedua Negara. Mengingat potensi besarnya selama ini, namun dinilai masih jauh dari optimal.

Baca juga : BUM Desa Jadi Penopang Ekonomi Nasional

Adapun Menteri Pertanian, Pangan dan Rural Korsel, Ketua Komite Luar Negeri dan Unifikasi Parlemen Korsel, Wakil Menteri Investasi dan Perdagangan Korsel, masing-masing turut menyampaikan congratulatory speech dalam forum bertema “Stronger Partnership for the Epicentrum for Growth” tersebut.

Dubes RI untuk Republik Korea, Gandi Sulistiyanto (ke-4 kanan), hadir sebagai tamu kehormatan pada “Maekyung Indonesia Forum 2023 on 50 Years of Diplomatic Relations between Indonesia and Korea”, Selasa (16/5/ 2023) di Hotel Mulia Jakarta. [Foto: KBRI Seoul]

Sehari sebelumnya, pada Senin (15/5/2023), difasilitasi KBRI Seoul, delegasi Korsel yang dipimpin Menteri Pertanian Korsel, telah melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Jokowi. Delegasi terdiri dari pejabat Pemerintah, anggota Parlemen dan pimpinan sejumlah konglomerasi Korsel.

Baca juga : Bank Dunia Puji Transformasi Ekonomi Hijau Indonesia

Pertemuan tersebut sukses meningkatkan kepercayaan diri perusahaan konglomerasi Korsel, seperti LG Energy Solution dan Samsung Electronics, untuk melanjutkan investasi dan memperluas bisnisnya di Indonesia. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.