Dark/Light Mode

Partainya Di Posisi Terdepan Dalam Pemilu

Xanana Gusmao Unggul

Selasa, 23 Mei 2023 00:03 WIB
Petugas pemilu membantu seorang pria berkursi roda untuk memberikan suaranya di tempat pemungutan suara dalam Pemilu Parlemen di Dili, Timor Leste, Minggu, 21 Mei 2023. (Foto AP/ Lorenio L.Pereira)
Petugas pemilu membantu seorang pria berkursi roda untuk memberikan suaranya di tempat pemungutan suara dalam Pemilu Parlemen di Dili, Timor Leste, Minggu, 21 Mei 2023. (Foto AP/ Lorenio L.Pereira)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan pejuang kemerdekaan Timor Leste Xanana Gusmao berada di posisi terdepan. Partainya, Conselho Nacional de Resistência Timorense (CNRT), unggul dalam penghitungan suara Pemilu Parlemen 2023.

Hingga kemarin, penghitungan suara telah mencapai lebih dari 50 persen. Sejauh ini, CNRT telah memperoleh hampir 40 persen suara.

Baca juga : Top, Sikat Pelawan Arus Yang Menggila

Artinya, Gusmao berada di posisi terdepan untuk kembali menjadi Perdana Menteri (PM) Timor Leste. Kendati demikan, dia masih membutuhkan mitra untuk berkoalisi.

Negara yang pernah jadi Provinsi ke-27 RI itu menggelar Pemilu Legislatif, Minggu (21/5). Sejumlah pengamat menilai, perolehan suara akan ketat. Saingan CNRT, Fretilin sejauh ini memperoleh 27 persen.

Baca juga : Dirut Pertamina Dinobatkan Sebagai Perempuan Indonesia Pendorong Inovasi

Sedangkan Partai Pembebasan Rakyat, dan Kmanek Haburas Unidade Nasional Timor Oan (Khnuto), memperoleh 7 persen

Fretilin dan Khnuto merupakan koalisi Pemerintah saat ini. Kedua partai telah berkomitmen kembali berkoalisi dalam pemilu kali ini. Selain tiga partai yang telah disebut, masih ada 14 partai lain yang ikut dalam kontestasi Pemilu Timor Leste 2023.l

Baca juga : Gus Muhaimin Ajak Pelaku Usaha Terlibat Dalam Pembangunan Kawasan Transmigrasi

Jika tidak ada pemenang yang langsung memperoleh suara mayoritas, konstitusi Timor Leste memberi kesempatan kepada partai dengan suara terbanyak untuk membentuk pemerintahan melalui koalisi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.