Dark/Light Mode

Kunjungan Ke Malaysia, Jokowi Dan PM Anwar Perkuat Perlindungan PMI

Kamis, 8 Juni 2023 14:25 WIB
Presiden Jokowi saat kunjungan kenegaraan di Malaysia, Kamis (8/6). (Foto: Instagram/ @jokowi)
Presiden Jokowi saat kunjungan kenegaraan di Malaysia, Kamis (8/6). (Foto: Instagram/ @jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) jadi bahasan Presiden Jokowi saat kunjungan ke Malaysia. Ia mengapresiasi komitmen Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim dalam melindungi PMI.

"Saya sangat menghargai sekali komitmen Dato Seri Anwar Ibrahim untuk memperkuat perlindungan pekerja migran Indonesia," kata Jokowi dalam jumpa pers bersama PM Anwar Ibrahim usai pertemuan di Seri Perdana, Putrajaya, Malaysia, Kamis.

Ia dan PM Anwar mengaku sepakat membentuk mekanisme khusus untuk memperkuat upaya penegakan hukum yang adil bagi PMI di Malaysia.

Baca juga : KPU Dukung Komitmen Jokowi Sukseskan Pemilu Lima Tahunan

"Juga, saya dan Pak Anwar sepakat untuk membentuk mekanisme khusus bilateral untuk menyelesaikan masalah-masalah pekerja migran Indonesia," lanjutnya seperti disiarkan kanal YouTube stasiun televisi Buletin TV3 Malaysia di Jakarta, Kamis.

Selain itu, Jokowi juga mendorong segera diwujudkan pusat pembelajaran masyarakat (community learning center) di Semenanjung Malaya.

"Dan juga WNI yang ada di depo imigrasi bisa segera dipulangkan serta one channel system harus dioptimalkan," kata Jokowi.

Baca juga : Untuk Bangsa Dan Negara, Jokowi Akan Cawe-cawe

Kedatangan Jokowi ke Malaysia menjadi kunjungan balasan setelah Anwar Ibrahim menyambangi Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada 9 Januari 2023.

Ada sejumlah kesepakatan maupun nota kesepahaman antara kedua negara yang dicapai dalam kunjungan Jokowi ke Malaysia itu merupakan tindak lanjut dari kunjungan Anwar Ibrahim ke Indonesia pada Januari lalu.

PM Anwar memastikan bahwa kunjungan Jokowi bukan sekadar lawatan kerja antara dua pemimpin negara semata. Tapi juga perundingan dan peningkatan kerja sama.

Baca juga : Bertemu Mendag Kanada, Zulhas Dorong Percepat Perundingan ICA-CEPA

"Karena saya anggap Presiden Jokowi sebagai sahabat yang sejati dan perundingan kami itu perundingan keluarga, perundingan sahabat. Ini terbukti dengan peningkatan kerja sama dan kesepahaman dalam masa yang singkat ini luar biasa," ujar Anwar

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.