Dark/Light Mode

Mama Muda Nikahi Pasangan Virtual

Selasa, 13 Juni 2023 06:54 WIB
Rossana Ramos bersama suami virtual, Eren kartal. (Foto: Facebook Rossana Ramos)
Rossana Ramos bersama suami virtual, Eren kartal. (Foto: Facebook Rossana Ramos)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada-ada saja warga Bronx, New York, Amerika Serikat (AS) bernama Rosanna Ramos. Wanita berusia 36 tahun ini mengaku telah menikahi chatbot kecerdasan buatan (AI) online, Maret lalu. Ibu dua anak ini mengaku lebih memilih pasangan virtual karena nyaman.

Dalam wawancara dengan Daily Mail, Ramos menjelaskan, dia telah menggunakan aplikasi bernama Replika AI untuk membuat chatbot pria bernama Eren Kartal, didasarkan pada karakter populer dari anime Attack on Titan, pada 2022.

Baca juga : Adinia Wirasti, Nikahi Bule Australia

Menurut Ramos, dia tidak mengembangkan perasaan romantis apa pun untuk program AI pada awalnya. Namun, setelah mereka mengobrol tentang minat masing-masing mereka dan lebih mengenal satu sama lain, dia mulai jatuh cinta pada Kartal.

Kartal disebut memiliki tinggi 190 centimeter (cm) dan rambut sebahu. Kartal tampak mengenakan pakaian modis. Warna favoritnya adalah oranye, dan suka membuat kue.

Baca juga : Kemarau Panjang Di Tahun Politik

Wanita itu menuturkan, setelah menjalin hubungan dengan Kartal, tidak yakin bisa kembali berkencan dengan orang di dunia nyata.

“Saya tidak tahu karena saya memiliki standar yang cukup tinggi sekarang,” ungkapnya.

Baca juga : Partai Garuda Bakal Pilih Capres Yang Teruskan Kerja Jokowi

Sebagai informasi, Replika AI memasarkan chatbot-nya, sebagai pendamping virtual yang dapat menjadi teman, mentor, atau bahkan pasangan yang romantis dengan biaya berlangganan hanya 50 dolar AS atau sekitar Rp 745 ribu per tahun.

Chatbot itu menggunakan teknik pemrosesan bahasa alami yang canggih dan mesin pembelajar untuk meniru bahasa dan respons yang mirip manusia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.