Dark/Light Mode

Dubes Rusia Bangga Tim DKI Jakarta Sabet Juara Dua IOM

Senin, 9 September 2019 20:17 WIB
Tim Pelajar DKI Jakarta pamer piagam penghargaan yang didapat dari ajang IOM ke-4 di Moskow, Rusia. (Foto: Dok. KBRI Moskow)
Tim Pelajar DKI Jakarta pamer piagam penghargaan yang didapat dari ajang IOM ke-4 di Moskow, Rusia. (Foto: Dok. KBRI Moskow)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Pelajar DKI Jakarta berhasil menyabet juara dua pada The IV International Olympiad of Metropolises (IOM), di Moskow yang berlangsung 1-6 September. Duta Besar Indonesia di Rusia, Wahid Supriyadi, bangga dan dengan keberhasilan tim DKI Jakarta. 

Wahid memang memberikan perhatian penuh ke tim pelajar tersebut. Wahid bahkan memberikan motivasi dan dukungan langsung kepada perwakilan Indonesia saat bertemu menjelang olimpiade berlangsung. Keberhasilan Tim Pelajar DKI Jakarta tidak hanya membawa nama baik ibu kota Indonesia, tetapi juga Indonesia secara keseluruhan.

“Tim pelajar kita sudah berupaya maksimal dengan hasil yang mengembirakan. Raihan ini menunjukkan kemampuan yang dimiliki tim pelajar kita tidak kalah dengan para pelajar dari bebagai kota besar di negara-negara lainnya di dunia,” ujar Wahid dalam keterangan persnya, Senin (9/9).

Baca juga : Kuras Keringat 4 Jam 52 Menit, Nadal Juara US Open

Selain Jakarta, terdapat 8 kota lain yang menepati posisi kedua, yaitu Belgrade, Minsk, Sofia, Krakow, Zagreb, Hanoi, Hong Kong, dan Istanbul. Ada pun posisi pertama ditempati Moskow, St Petersburg dan Shanghai. Sedangkan posisi ketiga diraih peserta dari 15 kota, yaitu Yerevan, Lima, Budapest, Baku, Kishinev, Almaty, Beijing, Harbin, Innsbruck, Bishkek, Banja Luka, Bratislava, Chengdu, Leipzig, dan Dresden.

Olimpiade ini diikuti 45 kota besar dunia dari 32 negara dari Eropa, Afrika, Amerika, dan Asia. Kota-kota yang ikut serta tersebut adalah kota yang memiliki hubungan dan kerja sama dengan kota Moskow dalam bentuk kota kembar (sister city). Dari Asia Tenggara, hanya diikuti Jakarta dan Hanoi. 

Olimpiade memperlombakan empat bidang disiplin ilmu. Yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Informatika, yang masing-masing bidang diikuti dua peserta dari tiap kota.

Baca juga : Gelar Musik Yospan, Warga Papua di Jakarta Jalin Persatuan

Pada kategori perorangan, Tim Pelajar DKI Jakarta, yang terdiri atas 8 pelajar berhasil meraih 8 medali, yaitu 4 medali perak dan 4 medali perunggu. Keempat medali perak berasal dari bidang Matematika (2 medali), Kimia (1 medali), dan Informatika (1 medali). Sedangkan empat medali perunggu dari cabang Fisika (2 medali), Kimia (1 medali), dan Informatika (1 medali).

Peserta Tim Pelajar DKI Jakarta adalah Gabriela Erin Mariangel (SMA BPK 1 Penabur) dan Steven Fernaldy Tanno (SMAK BPK 6 Penabur) untuk bidang Matematika, Fadli Januar (SMANU MH Thamrin) dan Rayhan Danendra Wiracalosa (SMAN 14 Jakarta) untuk bidang Fisika. Di bidang Kimia diwakili Leon Ritchie Salim (SMA Springfield) dan Mark Soesanto (SMAK BPK 1 Penabur). Sedangkan Rama Aryasuta Pengestu (SMA Kanisius) dan Nabil Ibadurrahman Ervatra (SMANU MH Thamrin) memperkuat bidang Informatika.

Mark Soesanto, salah satu peserta Tim Pelajar DKI Jakarta, mengatakan ada rasa “seru” dalam mengikuti olimpiade. Menurutnya kesempatan bertemu dengan para peserta dari berbagai kota di dunia, saling mengenal satu sama lainnya, termasuk budayanya adalah suatu pengalaman yang tidak terlupakan.

Baca juga : Anggota Manggala Agni Kecelakaan Saat Padamkan Karhutla, KLHK Berduka

“Keikutsertaan pada olimpiade ini sangat bagus untuk mengukur sejauh mana kemampuan kita dibanding para peserta dari kota atau negara lain," ujar Mark Susanto, yang mempersembahkan medali perunggu. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.