Dark/Light Mode

Blusukan Di Indonesia

Kaisar Naruhito Amati Kemajuan Persahabatan Jepang-Indonesia

Senin, 19 Juni 2023 11:06 WIB
Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendampingi Yang Mulia Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito yang berkunjung ke Depo MRT Jakarta, di Kelurahan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (18/6). Dalam kunjungan pertamanya ke Indonesia tersebut, Kaisar Naruhito berkesempatan melihat aktivitas di Pusat Kendali Operasi (Operation Control Center/OCC), pekerjaan perawatan berat (heavy maintenance) di workshop, dan area perawatan ringan (light maintenance). (Foto: Ist)
Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendampingi Yang Mulia Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito yang berkunjung ke Depo MRT Jakarta, di Kelurahan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (18/6). Dalam kunjungan pertamanya ke Indonesia tersebut, Kaisar Naruhito berkesempatan melihat aktivitas di Pusat Kendali Operasi (Operation Control Center/OCC), pekerjaan perawatan berat (heavy maintenance) di workshop, dan area perawatan ringan (light maintenance). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persahabatan Indonesia dengan Jepang sudah sangat akrab. Bukti nyatanya bisa dilihat langsung di berbagai sisi kehidupan. Mulai dari transportasi, kuliner hingga hiburan.

Hal inilah yang tengah disidak Kaisar Naruhito, yang tengah berada di Indonesia. Kunjungannya pada 17-23 Juni ini memang bertujuan untuk melihat berapa jauh perkembangan hubungan persahabatan dua negara ini.

Berdasarkan jadwal yang sudah disiapkan, sang kaisar memiliki jadwal padat untuk mengunjungi dan bertemu banyak orang. Tidak hanya bertemu Presiden Joko Widodo dan Sultan Hanengkubuwono X, Kaisar Naruhito juga blusukan dan bakal menyapa diaspora Jepang di Indonesia dan warga Indonesia yang berjasa dalam membantu memperkuat jembatan persahabatan kedua negara.

"Kaisar Naruhito ke Indonesia untuk mendengar langsung kemajuan hubungan dengan Indonesia," aku Sekretaris Pers Kaisar, Kojiro Shiojiri, dalam keterangan persnya, Minggu (18/6).

Baca juga : Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi: Kunjungan Kaisar Naruhito Simbol Persahabatan

Pada Minggu (18/6), Kaisar sudah melihat langsung Depo MRT Lebak Bulus dan Stasiun Pompa Waduk Pluit. Selama kunjungan ke Depo MRT Lebak Bulus, Shiojiri menyebutkan bahwa Kaisar Naruhito menanyakan banyak hal dan mendapat penjelasan secara terperinci dari tenaga ahli asal Indonesia dan Jepang.

“Selama empat tahun (setelah diresmikan), ada satu prestasi, yaitu selama ini belum pernah ada kecelakaan, dan juga rasio operasional ketepatan waktu adalah 99,9 persen,” papar Shiojiri.

Dia menambahkan bahwa pihak MRT menyebutkan kalau mereka mengutamakan keamanan dan kualitas pelayanan, seperti menyediakan fasilitas untuk orang dengan disabilitas.

Disebutkan pula bahwa kegiatan operasional MRT hampir semuanya dilakukan pihak Indonesia yang telah dibina dengan baik dan mereka menjadi sumber daya manusia yang sangat mahir.

Baca juga : Investor China Minta Dukungan Airlangga

Sementara itu, lanjut Shiojiri, dalam kunjungan Kaisar Naruhito ke Waduk Pluit, dia sangat antusias dan banyak menggali informasi mengenai pengelolaan air.

"Ini karena beliau sangat paham mengenai manajemen dan tata kelola air. Maka beliau banyak mengeluarkan pertanyaan teknis," jelas Shiojiri.

Selain melihat proyek kerja sama Jepang-Indonesia, Kaisar Naruhito juga mengunjungi Universitas Dharma Persada, SMK di Cikarang, Bekasi. Dalam kunjungan ini, Kaisar ingin melihat penilain warga di tingkat grassroot mengenai hubungan Indonesia-Jepang.

"Beliau ada kunjungan ke kampus, ke SMK, bertemu dengan orang-orang Indonesia dan juga orang Jepang di Indonesia, itu artinya, Kaisar bertemu banyak orang karena punya keinginan kuat untuk tahu secara langsung dan menguatkan hubungan Indonesia-Jepang," tegas Shiojiri.

Baca juga : Dubes Gandi, Gelar Indonesia Night Pertama Di Daegu

Dia pun menyebut jadwal Kaisar Naruhito pada Senin ini adalah bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor bersama Permaisuri Masako.

Setelah itu, Kaisar akan kembali ke Jakarta dan bertemu makan malam dengan orang Indonesia yang berjasa untuk hubungan kedua negara.
Pada 20 Juni, Kaisar dan rombongan akan mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, dilanjutkan dengan ke Museum Nasional. Siang harinya, ia akan ke Universitas Dharma Persada dan lanjut ke sebuah SMK di Bekasi.
Universitas Dharma Persada akan dikunjungi karena pendirinya adalah para alumni Jepang. Mereka mengumpulkan dana, dan membuat Yayasan, lalu mendirikan Universitas Dharma Persada yang terkenal dengan jurusan Sastra Jepangnya yang bagus.

"Lalu akan melanjutkan ke sebuah SMK di Bekasi, yang terletak di kawasan Industri MM2100. SMK ini menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas," lanjutnya.

Lalu malamnya, Kaisar Naruhito akan bertemu dengan diaspora Jepang di Indonesia dan para tenaga ahli Japan International Cooperation Agency (JICA). 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.