Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi: Kunjungan Kaisar Naruhito Simbol Persahabatan

Senin, 19 Juni 2023 06:32 WIB
Dubes Heri Akhmadi (belakang kiri) didampingi istri, Nuning Wahyuniati, menemani Kaisar Naruhito dan Permaisuri Michiko yang tengah menyapa anak-anak Jepang yang berada di Jakarta di lobi Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (17/6). (KBRI Tokyo)
Dubes Heri Akhmadi (belakang kiri) didampingi istri, Nuning Wahyuniati, menemani Kaisar Naruhito dan Permaisuri Michiko yang tengah menyapa anak-anak Jepang yang berada di Jakarta di lobi Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (17/6). (KBRI Tokyo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kaisar Naruhito dan Permai­suri Masako memulai rangkaian kunjungan kenegaraannya di Indonesia, kemarin. Kaisar Naruhito dan Permaisuri blusu­kan ke Depo Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) dan Stasiun Pompa Waduk Pluit Jakarta.

Hari kedua, mereka akan di­jamu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor.

Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi menye­but, kedatangan pemegang Tahta Bunga Krisan ini seba­gai simbol eratnya persahabatan Jakarta-Tokyo.

Baca juga : Pj. Gubernur Heru Dampingi Kaisar Jepang Naruhito Ke MRT Jakarta

“Ini merupakan puncak sim­bol penguatan lebih luas hubungan persahabatan kedua negara yang sudah berusia 65 tahun,” ujar Dubes Heri dikutip Insta­gram KBRI Tokyo, kemarin.

Kunjungan Kaisar Naruhito juga bertepatan dengan Keketuaan Indonesia di ASEAN dan 50 tahun hubungan ASE­AN-Jepang.

Berdasarkan keterangan tertu­lis dari KBRI Tokyo, Dubes Heri ikut menyambut kedatangan Kaisar Naruhito beserta rom­bongan di Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (17/6) sore.

Baca juga : Dubes RI Untuk Kerajaan Thailand Lantik Pengurus Permitha Periode 2023-2024

Tampak hadir Menteri Peker­jaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi, mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda dan Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler/Kepala Protokol Negara (KPN) Andy Rachmianto.

Kedatangan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako disambut meriah dengan kibaran bendera-bendera Jepang dan Indonesia oleh putra dan putri warga Jepang yang berada di Indonesia.

Selama sepekan di Indonesia, Naruhito dan Permaisuri memiliki beberapa agenda kunjungan. Antara lain melihat Depo MRT di Lebak Bulus, Stasiun Pompa Waduk Pluit, dan ke Jawa Tengah.

Baca juga : Serahkan Lukisan SBY Dan Dipo Alam Ke Istri Abe

Lawatan ini merupakan kun­jungan perdana Naruhito ke In­donesia sejak dinobatkan seba­gai Kaisar Jepang yang ke-126 pada 2019. Naruhito bersama Permaisuri Masako akan berada di Indonesia hingga 23 Juni.

Dengan kunjungan Kaisar Naruhito ini, berarti untuk kali kedua Kaisar Jepang berkun­jung ke Indonesia. Sebelum­nya pada 31 Oktober 1991, Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko melakukan kunjun­gan resmi ke Indonesia.

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako bertolak dari Tokyo, Jepang, menuju Jakarta pada Sabtu (17/6) pukul 11.00 waktu setempat dari Bandara Haneda dan dilepas langsung Wakil Kepala Perwakilan Indo­nesia di Tokyo, John Tjahjanto Boestami.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.