Dark/Light Mode

Gelar Festival Budaya Di Budapest

Dubes Dimas Wahab Gencarkan Promosi Kebudayaan Dan Produk Indonesia

Kamis, 22 Juni 2023 08:51 WIB
Dubes Dimas Wahab. (Foto : Ist)
Dubes Dimas Wahab. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Indonesia di Budapest baru saja menggelar festival kebudayaan dan promosi produk Indonesia di salah satu tempat ikonik di Budapest, Vajdahunyad Castle, pada 17-18 Juni.

"Indonesia Days menampilkan produk-produk dan kesenian Indonesia, seperti produk makanan dan minuman, produk kreatif, serta tarian-tarian asal Nusantara," terang Duta Besar Indonesia untuk Hongaria Dimas Wahab dikutip dalam postingan Instagram KBRI Budapest, kemarin.

Dimas mengharapkan event ini dapat mempromosikan Indonesia sebagai negara yang gemah ripah loh jinawi, yang merupakan semboyan Indonesia bermakna tentram, makmur dan memiliki tanah yang subur.

Baca juga : Gelar Pasar Murah Di Bali, Mendag Komit Jaga Harga Barang Kebutuhan Pokok

Acara ini dibuka Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono dan dihadiri sejumlah duta besar negara sahabat serta masyarakat Budapest dan masyarakat Indonesia yang ada di Hongaria.

Beberapa penampilan yang ditampilkan pada kegiatan tersebut, antara lain Tari Merak, Tari Saman, dan Tari Rumpak Jurami. Musik Gamelan juga ditampilkan yang dimainkan oleh warga Hongaria.

 

Pementasan tari Gambyong di acara Festival Budaya Indonesia di Vajfahunyad Castle, Budapest, 17-18 Juni (Foto : KBRI Budapest)

Baca juga : Pangdam V Brawijaya Diundang Nonton Laga Persahabatan Persebaya Vs Persija

Para pengunjung juga antusias mengikuti kegiatan workshop Tari Saman serta diakhir acara ikut melantai menari bersama Tari Gemu Famire dan Poco-Poco.

Berbagai macam stand yang mempromosikan produk-produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia berupa kerajinan tangan, pakaian batik, makanan ringan dan snack Indonesia, perhiasan, makanan tradisional Indonesia serta pijat khas Bali.

"Pijat tradisional khas Bali sangat populer oleh pengunjung di segala kalangan dan usia. Dari yg tua sampai anak-anak mengantre untuk menikmati pijat ini," info Dubes Dimas.

Baca juga : Bamsoet Dukung Pendirian Pabrik Fraksionasi Plasma Pertama Di Indonesia

Selain itu, ada juga kegiatan kegiatan coffee cupping. Para pengunjung dapat mencicipi dan menikmati berbagai macam kopi Indonesia. Tak ketinggalan pula, berbagai permainan anak-anak Indonesia diperkenalkan bagi anak-anak Hongaria di Kids Corner.

Sajian kuliner Indonesia juga turut dihadirkan dalam kegiatan tersebut antara lain sate, soto madura dan batagor. 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.