Dark/Light Mode

Dubes Vasyl Hamianin: Rakyat Ukraina Akan Terus Lawan Invasi Rusia

Jumat, 30 Juni 2023 05:42 WIB
Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin. (Foto Ukraine Embassy)
Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin. (Foto Ukraine Embassy)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rakyat Ukraina akan terus melawan invasi pasukan Rusia. Perjuangan mereka, menurut Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin, tidak akan berhenti sampai pendudukan itu berakhir.

Dalam peringatan 27 tahun berlakunya Konstitusi Ukraina, yang digelar setiap 28 Juni, Dubes Hamianin mengatakan, Konstitusi Ukraina menjadi bukti mengenai cita-cita kebebasan, kesetaraan dan supremasi hukum.

Baca juga : Dubes Heri: MRT Jadi Ikon Budaya Dan Persahabatan Indonesia

“Dalam peristiwa penting ini, kami menghormati dokumen penting yang membentuk bangsa kami, melindungi hak dan kemerdekaan kami dan meletakkan dasar bagi masa depan yang sejahtera dan kami impikan bagi Ukraina,” ujar Dubes Hamianin dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/6).

Saat peringatan Hari Konstitusi tahun ini, Ukraina masih diinvasi Rusia. Sehubungan dengan hal itu, Ukraina sekali lagi menegaskan komitmennya untuk menjadi negara yang merdeka dan menolak perampasan oleh Moskow.

Baca juga : Belanja Pemda Dan Instansi Kudu Diawasi Ekstra Ketat

“Kami melawan dan menolak upaya Moskow untuk merampas sejarah Ukraina dan merebut negeri kami, rakyat kami, anak-anak kami, dan masa depan kami,” tegasnya.

Lebih lanjut Hamianin menyebut, di tengah masa-masa sulit ini, nilai-nilai yang terkandung dalam Konstitusi Ukraina menjadi amat penting. Konstitusi menjadi bukti keteguhan dan tekad rakyat Ukraina dalam perjuangan mereka mencari keadilan, kesetaraan, dan kemerdekaan.

Baca juga : Festival Lestari Bakal Dongkrak Komoditas Lokal Dan Daya Tarik Investor

Selain itu, Hamianin menyinggung soal Krimea wilayah Ukraina yang dicaplok Rusia pada 2014. Dia menegaskan, pencaplokan itu melanggar hukum internasional.

“Ukraina terus berupaya mengambil kembali wilayah Krimea. Bersama dengan masyarakat internasional, kami berupaya memobilisasi dukungan untuk menangani persoalan pendudukan ilegal di Krimea oleh Rusia,” pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.