Dark/Light Mode

Hari Raya Kurban Di Thailand Meriah, 1.384 WNI Shalat Idul Adha Di KBRI Bangkok

Jumat, 30 Juni 2023 05:54 WIB
Ribuan WNI memadati lapangan KBRI Bangkok untuk menjalankan Shalat Idul Adha, Kamis, 29 Juni 2023. Foto Rakyat Merdeka/KBRI Bangkok)
Ribuan WNI memadati lapangan KBRI Bangkok untuk menjalankan Shalat Idul Adha, Kamis, 29 Juni 2023. Foto Rakyat Merdeka/KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada Kamis (29/6), sebanyak 1.384 orang warga negara Indonesia (WNI) di Bangkok dan sekitarnya secara khusuk melaksanakan Shalat Idul Adha 1444 H di lapangan Sepak Bola KBRI Bangkok. Meskipun dilaksanakan pada hari kerja di Thailand, antusiasme masyarakat Indonesia melaksanakan Shalat Idul Adha di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok tetap tinggi.

Shalat Idul Adha kali ini tidak hanya dihadiri WNI yang tinggal di Bangkok dan kota-kota di sekitarnya saja, melainkan juga diikuti masyarakat Indonesia yang sedang berlibur ke Thailand.

Baca juga : Berkurban, Sosialita Novita Emilda Memaknai Idul Adha Dengan Keikhlasan

Bertindak selaku Imam shalat Idul Adha 1444 H kali ini adalah Ustadz Romli bin Abdulwahid dari Masjid Daarul Aman Bangkok. Sedangkan Khotib adalah Ustadz Habib Sayid Akhmad Auliya Faturahman Al Bahasyim dengan Bilal yaitu Ustadz Asep Saepuddin Muhajir, Guru Pelajaran Agama Islam pada Sekolah Indonesia Bangkok.

Bertema “Ibadah Qurban, cerminan keikhlasan dan ketaatan dalam bingkai solidaritas kemanusiaan”, khotib menggarisbawahi makna utama dari persetujuan Nabi Ismail disembelih ayahnya Nabi Ibrahim, yaitu perlunya umat Islam memiliki totalitas iman dan takwa kepada Allah swt.

Baca juga : Meneladani Nabi Ibrahim Saat Idul Adha Dengan Ketaatan Dan Pengorbanan

Lebih lanjut disampaikannya, Idul Adha yang disebut juga sebagai hari raya kurban mengajarkan umat Islam mengenai pentingnya solidaritas kemanusiaan dengan saling memberi.

Setelah melaksanakan shalat Idul Adha, masyarakat Indonesia berswafoto ria dan berbincang ringan di beberapa sudut lapangan. Masyarakat Indonesia juga berkesempatan menikmati makanan ringan ala nusantara seperti risoles dan arem-arem sebagai pelepas rindu terhadap makanan ringan Tanah Air.

Baca juga : Bareng Ketua MK Anwar Usman, Jokowi Shalat Idul Adha Di Istana Yogya

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Thailand Rachmat Budiman dalam keterangannya menyebut, pelaksanaan Shalat Idul Adha menjadi salah satu momen yang berharga bagi masyarakat Indonesia di Thailand.

Pada perayaan Idul Adha 2023, Masjid Assafier KBRI Bangkok telah menfasilitasi WNI yang ingin melaksanakan ibadah kurban, berupa pemotongan satu ekor sapi dan 3 ekor kambing. Pemotongan hewan kurban tidak dilaksanakan di lingkungan KBRI Bangkok, melainkan di wilayah Minburi, Thailand. Adapun daging kurban tersebut diberikan kepada kaum dhuafa, fakir miskin, dan fisabi￾lillah di daerah Minburi, Bangkok Thailand. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.