Dark/Light Mode

Dubes Kanada Nadia Burger Ucapin Selamat Hari Kanada Di Sosial Media

Selasa, 4 Juli 2023 05:41 WIB
Dubes Kanada untuk Indonesia Nadia Burger. (Foto Instagram @canadainindonesia)
Dubes Kanada untuk Indonesia Nadia Burger. (Foto Instagram @canadainindonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tanggal 1 Juli merupakan hari penting bagi seluruh rakyat Kanada dan diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Kanada.

Perayaan ini telah menjadi salah satu hari libur nasional dan disebut dengan Canada Day atau Hari Kanada.

Di Hari Kanada yang ke-156 ini, Duta Besar (Dubes) Kanada untuk Indonesia Nadia Burger mengingatkan kembali nilai-nilai yang dimiliki Kanada dan Indonesia, sekaligus menegaskan kembali komitmen Kanada untuk dunia yang lebih baik.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Amankan Pasokan Energi Selama Libur Panjang Idul Adha

Pesan ini disampaikan Dubes Burger lewat postingan video selama 2 menit 7 detik di akun media sosial Kedutaan Besar Kanada di Indonesia. 

Dalan video di  Instagram @canadainindonesia Burger menjelaskan nilai-nilai yang dijunjung masyarakat Kanada adalah kompromi, dan toleransi akan keberagaman.

“Di Hari Kanada, kami bersama merayakan nilai-nilai yang kami junjung tinggi. Kanada kuat dengan keberagamannya,” papar Dubes berkacamata itu.

Baca juga : Kedubes RI Untuk Korsel Buka Peluang Karir Global Bagi Pelajar Dan Profesional Muda

Nilai-nilai ini, lanjutnya, juga dimiliki Indonesia. “Inilah yang membuat Kanada dan Indonesia dekat,” sambungnya.

Lebih lanjut Burger menyebut, Kedutaan Besar Kanada di Jakarta dan perwakilannya untuk ASEAN mendukung sentralitas dan kebebasan beraktivitas di kawasan Indo-Pasifik. Menurutnya, komitmen Kanada dalam mendukung perkembangan secara global bisa dilihat dari kerja sama yang luas dengan Pemerintah Indonesia.

Tanggal 1 Juli 1868 adalah momen bersejarah untuk Kanada. Di hari tersebut, Kanada melepas status sebagai negara jajahan Prancis dan Britania Raya. Nama British North America yang disematkan pun berubah menjadi Kanada.

Baca juga : Gerakan Passeddingeng Ganjar Gelar Jalan Santai Bareng Warga Di Bone

Perayaan Canada Day pun rutin dilakukan sejak 1958. Beragam upacara dan pertunjukan berlangsung di kota-kota besar di Negeri Mapel itu.

Upacara terpenting adalah Trooping the Colours di halaman Parliament Hill, Ottawa. Selain itu digelar pula pertunjukan seni, musik, budaya, dan olahraga.

Dulu, selebrasi ini disebut Dominion Day, hingga pada 1982 berganti nama menjadi Canada Day. Sekarang, Canada Day dirayakan di seluruh negeri paling utara di Benua Amerika itu. Kembang api menghiasi langit 15 kota besar, termasuk Toronto, Vancouver, dan Montreal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.