Dark/Light Mode

Belanda Akui Indonesia Merdeka 17-8-1945

Selama Ini Ke Mana Saja, Meneer!!!

Jumat, 16 Juni 2023 08:00 WIB
Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte. (Foto: BEELD ANP)
Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte. (Foto: BEELD ANP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Belanda akhirnya mengakui Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945. Warganet pun bereaksi atas pengakuan Belanda yang baru disampaikan setelah 78 tahun Indonesia merdeka. Selama ini, ke mana saja, Meneer!!!

Pengakuan terhadap Indonesia merdeka ada 17 Agustus 1945 disampaikan langsung Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte. Pengakuan itu disampaikan Rutte dalam sesi debat dalam parlemen Belanda membahas soal kajian dekolonisasi tahun 1945-1950 pada Rabu (14/6) waktu setempat.

“Belanda mengakui ‘sepenuhnya dan tanpa syarat’ bahwa Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945,” ucap Rutte dalam sesi debat parlemen Belanda tersebut seperti dilansir media lokal Belanda, AD.nl dan dikutip Mina News, Kamis (15/6).

Baca juga : Setelah 78 Tahun, Belanda Akhirnya Akui Indonesia Merdeka 17 Agustus 45

Lebih lanjut, Rutte menyatakan dirinya akan segera menghubungi Presiden Jokowi untuk membahas soal kemungkinan disampaikannya ‘pengakuan bersama’.

“Saya ingin melihat bagaimana kita bisa menyampaikan pengakuan atas perayaan kemerdekaan Indonesia bersama-sama,” kata Rutte seperti dikutip media Belanda lainnya, NU.nl.

Dalam sesi debat parlemen kemarin, Rutte mengatakan bahwa tanggal 17 Agustus sebenarnya sudah sejak lama dilihat sebagai awal kemerdekaan Indonesia. Dia pun mencontohkan bahwa Raja Belanda sudah mengirimkan telegram ucapan selamat Hari Kemerdekaan kepada Indonesia pada 17 Agustus setiap tahunnya

Baca juga : 2 Ganda Putra Indonesia Melaju Ke Seminal BNI MedcoEnergi M25K Seri V

Meski agar kontroversial, Rutte memastikan negaranya selalu menaruh rasa hormat terhadap Indonesia. “Misalnya, raja sudah mengirimkan telegram ucapan selamat ke Indonesia pada 17 Agustus setiap tahun,” akunya.

Diketahui bahwa Belanda tidak pernah mengakui secara resmi kemerdekaan Indonesia pada tanggal tersebut.

Selama ini, Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia pada 27 Desember 1949, seiring penyerahan kedaulatan berdasarkan hasil Konferensi Meja Bundar.

Baca juga : Digenjot Sepekan, Fisik Dan Stamina Skuad Persita Makin Meningkat

Mendengar pernyataan Rutte, Presiden Joko Widodo senang. Namun, tetap hati-hati memilih kalimat selanjutnya. “Ya bagus,” cetus mantan wali kota Solo itu di Pasar Menteng Pulo, Jakarta Selatan, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.