Dark/Light Mode

Donald Trump Turut Berduka Cita Atas Wafatnya BJ Habibie

Jumat, 13 September 2019 11:14 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Ibu Negara, Melania Trump. (Foto : istimewa)
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Ibu Negara, Melania Trump. (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Ibu Negara, Melania Trump, turut menyatakan berduka cita atas wafatnya Presiden Ketiga RI BJ Habibie. Trump juga memuji BJ Habibie sebagai sosok pemimpin yang berhasil menjaga persatuan di Indonesia.

“Kami berduka bersama rakyat Indonesia atas meninggalnya mantan Presiden BJ Habibie. Di tengah berbagai tantangan berat yang menyertai berakhirnya era Presiden Suharto, Habibie menjalankan kepemimpinan yang luar biasa dalam menjaga persatuan dan tradisi pluralistik di Indonesia, serta dalam mengantar kemunculan negara ini menjadi salah satu negara demokrasi yang hebat di dunia,” ujar pernyataan resmi Gedung Putih, yang diterima Rakyat Merdeka,Jumat (13/9).

Baca juga : Menteri Senior Singapura Sampaikan Duka Cita Atas Berpulangnya Habibie

“Habibie, seorang insinyur yang berhasil, juga akan dikenang kontribusinya bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia. Termasuk industri penerbangan dalam negeri, suatu contoh luhur dari kreativitas dan tekad kuat masyarakat Indonesia,” imbuh pernyataan itu.

Ucapan duka juga disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo. Bagi Pompeo, Habibie telah memimpin negara dan rakyat Indonesia melalui periode penting transisi demokrasi yang luar biasa.

Baca juga : Kedubes Inggris Sampaikan Doa atas Wafatnya Habibie

Habibie juga memberikan kontribusi yang berkelanjutan bagi pembangunan ekonomi, termasuk melalui komitmennya terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. “Dalam masa berkabung ini, terimalah simpati kami yang mendalam serta keyakinan bahwa Amerika Serikat akan terus mengingat persahabatan dengan Presiden Habibie dan dedikasinya untuk negara,” imbuh Pompeo.

BJ Habibie, wafat di usia 83 tahun. Teknorat kelas dunia yang juga Bapak Dirgantara Indonesia ini dimakamkan di sebelah makam istrinya yang tercinta, Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Baca juga : Presiden Tunisia Wafat, Jokowi Turut Berduka Cita

Bapak Teknologi Indonesia itu tutup usia pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Presiden Joko Widodo memimpin langsung upacara pemakaman Habibie di Kalibata. Warga pun tampak memberikan penghormatannya selama kendaraan yang membawa jenazah Habibie melintas menuju Kalibata. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.