Dark/Light Mode

Sinead O Connor Meninggal, Presiden Irlandia: Kami Kehilangan Penyanyi Terhebat

Kamis, 27 Juli 2023 07:24 WIB
Penyanyi asal Irlandia Sinead O Connor meninggal dalam usia 56 tahun. (Foto: Getty Images/BBC)
Penyanyi asal Irlandia Sinead O Connor meninggal dalam usia 56 tahun. (Foto: Getty Images/BBC)

 Sebelumnya 
Tiga tahun berselang, O'Connor merilis sebuah memoir bertajuk Rememberings.

Januari 2022, O'Connor menghadapi musibah. Putranya yang berusia 17 tahun, Shane, ditemukan tewas setelah dilaporkan hilang dua hari sebelumnya.

O'Connor pun memutuskan mengakhiri perjuangan duniawinya. Dia membatalkan semua pertunjukan langsung, selama sisa tahun 2022, karena kesedihan yang berkelanjutan setelah kematian putra tercinta.

Dalam salah satu cuitan terakhirnya,  O'Connor memberikan penghormatan kepada Shane. Dia menyebutnya sebagai cinta dalam hidup dan pelita jiwa. Satu jiwa dalam dua bagian.

Publik Berduka

Produser film Belfast Kathryn Ferguson, salah satu dari sedikit orang yang berbicara dengan O'Connor sebelum kematian sang penyanyi, shocked mendengar kabar duka ini. 

Baca juga : Hari Anak Nasional, Prof Tjandra Suarakan Penanganan Stunting di Tahun Politik

Terlebih, Ferguson tengah menggarap film dokumenter tentang O'Connor, berjudul Nothing Compares, yang akan dirilis Sabtu ini.

"Film itu adalah surat cinta untuk Sinéad. Saya mengerjakannya bertahun-tahun," katanya kepada BBC Radio 4's Front Row.

Ferguson menjelaskan, film itu dilatari oleh pengaruh O' Connor, sebagai gadis muda yang tumbuh di Irlandia.

"Dia adalah salah satu musisi paling radikal dan luar biasa yang pernah kami miliki. Kami sangat, sangat beruntung memilikinya," tuturnya.

Media sosial juga dibanjiri penghormatan kepada O'Connor, setelah kematiannya diumumkan pada Rabu (26/7) malam. Berikut cuplikannya:

Baca juga : Korea Open, Duo Ganda Putra Langsung Terhenti

Penyanyi Alison Moyet: Kehadiran 'Connor sangat mencengangkan. Kekuatan suaranya mampu memecahkan batu secara bertahap. Tak ada yang seperti itu. Saya sangat menyukainya. Iconoclast.

Komedian Irlandia Dara O'Briain: Berita itu sangat menyedihkan. Saya harap, O'Connor menyadari, betapa besar cinta untuknya.

Musisi Tim Burgess dari Charlatans: Sinead adalah perwujudan sejati dari semangat punk. Dia tak kenal kompromi. Itu membuat hidupnya lebih dari perjuangan. Semoga, dia menemukan kedamaian.

Penulis Irlandia Marian Keyes: Sinéad yang malang. Beristirahatlah dengan damai. Anda luar biasa, berani, cantik, dan memiliki keajaiban yang unik.

Jurnalis Caitlin Moran: Puluhan tahun sebelum waktunya, O'Connor tak kenal takut. Sang Ratu, beristirahatlah dalam kekuasaan.

Baca juga : Presiden Korsel Damprat Petugas Tanggap Darurat

Sutradara film Irlandia Mark Cousins: Sinéad O'Connor menampilkan sisi liar Irlandia kami. Bagian besar dari kehidupan imajiner kami.

Penyanyi Bryan Adams: "RIP Sinead O'Connor. Saya sangat senang, pernah bekerja sama dengan Anda. Berfoto, manggung bareng, dan saling bertukar cerita. Segenap cinta untuk keluarga Anda.

Bintang seni bela diri campuran Irlandia Conor McGregor: Irlandia telah kehilangan suara ikonik dan salah satu yang terbaik. Saya kehilangan seorang teman.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.