Dark/Light Mode

Dubes Belanda Lambert Grijns Baca Puisi Chairil Anwar Di Museum Nasional

Jumat, 28 Juli 2023 06:20 WIB
Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns. Foto Netherlandsandyou)
Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns. Foto Netherlandsandyou)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada yang spesial di peringatan 101 tahun hari kelahiran Chairil Anwar tahun ini. Para duta besar negara sahabat merayakan ulang tahunnya dengan membacakan puisi karyanya, memakai bahasa ibu masing-masing, di Museum Nasional, Rabu (27/7).

Salah satu yang antusias ikut membacakan puisi Chairil Anwar adalah Duta Besar (Dubes) Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Suriah Wajid Fauzi Promosi Budaya Nusantara Di Damaskus

“Saya sangat tersanjung dan merasa terhormat atas undangan membaca puisi ini. Beliau (Chairil Anwar) adalah penyair terkenal,” puji Grijns, usai acara.

Acara ini terselenggara atas dukungan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), bersama para diplomat asing di Jakarta.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Gelar Lomba Puisi Dan Teater Bagi Masyarakat Di Kabupaten Ndao

Menurut Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilman Farid, acara ini untuk memperkenalkan semangat seni Chairil Anwar pada para duta besar negara sahabat. Niatan ini pun disambut baik para dubes negara sahabat.

Puisi pertama dibawakan anggota Lembaga Sensor Film, Noorca M Massardi. Dia membawakan puisi berjudul Siap Sedia yang diciptakan pada 1944 yang bercerita mengenai semangat nasionalisme dalam melawan penjajahan Jepang.

Baca juga : Turis Telantar Gara-gara Pesan Hotel Untuk Tahun Depan

Sementara Dubes Australia untuk Indonesia, Penny Williams adalah pejabat perwakilan negara sahabat pertama, yang membacakan puisi pilihannya di hadapan para tamu. Dia membacakan Sajak Putih, yang ditulis pada 18 Januari 1944.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.