Dark/Light Mode

Elus-elus Bocah Yang Kehujanan

Di China, Bu Iriana Panen Pujian

Sabtu, 29 Juli 2023 08:07 WIB
Ibu Iriana mengusap pundak anak China yang menyambutnya di bandara karena kehujanan. (Foto: YouTube Setpres)
Ibu Iriana mengusap pundak anak China yang menyambutnya di bandara karena kehujanan. (Foto: YouTube Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada momen menarik saat Presiden Jokowi dan Ibu Iriana melakukan lawatan ke Chengdu, China, Kamis lalu. Kejadian menarik itu adalah saat Ibu Iriana mengusap-usap wajah bocah yang kehujanan yang menyambutnya di bandara. Aksi penuh simpati dari Ibu Iriana itu mendapatkan banyak pujian. 

Jokowi dan Ibu Iriana berangkat dari Jakarta menuju China, pada Kamis pagi. Usai menempuh perjalanan sekitar 5 jam, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Jokowi dan Ibu Iriana akhirnya tiba di Chengdu. 

Saat Jokowi dan Ibu Iriana tiba di Badara Tianfu, hujan gerimis sedang turun. Meski begitu, acara penyambutan oleh pejabat China dan para pelajar tetap digelar. Hadir antara lain Menteri Pendidikan China Huai Jinpeng, Duta Besar China untuk RI Lu Kang beserta istri, dan Gubernur Provinsi Sichuan Huangqiang. Para pejabat ini tampak mengenakan payung. 

Sejumlah pelajar juga ikut menyambut kedatangan Jokowi dan Ibu Iriana. Dua di antaranya adalah pelajar SD, laki-laki dan perempuan menunggu di bawah tangga  sambil memegang seikat karangan bunga. Seragam putihnya tampak lepek terguyur hujan.  

Baca juga : Oleh-Oleh Paten Dari China, Pabrik Kaca Terbesar Dunia Teken MoU Dengan RI

Dengan sabar, kedua bocah ini menunggu Jokowi dan Ibu Iriana. Bunga itu kemudian diberikan kepada Ibu Iriana sambil tersenyum. “Waduh hujan-hujanan ini,” kata Jokowi kepada kedua anak tersebut seperti dimuat di laman Sekretariat Presiden.  

Ibu Iriana menyambut karangan bunga itu dengan senyum. Ia lalu sedikit membungkuk dan mengusap pundak bocah tersebut, lalu mengelus-elus wajahnya yang rambutnya sudah basah. Mendapat sambutan hangat begitu, si bocah lalu tersenyum manis. 

Sebagai ungkapan terima kasih, Ibu Iriana kemudian memberikan bingkisan untuk kedua anak yang telah menyambut kedatangannya. Seorang anak perempuan pun terlihat memegang bingkisan bergambar lambang Garuda Indonesia.

Anak perempuan itu pun mengecek sesaat bingkisan tersebut saat Presiden Jokowi tengah menyapa sejumlah pejabat. Gadis itu pun terlihat berseri-seri melihat bingkisan yang dibawa oleh rombongan Jokowi. Sejumlah pelajar yang berbaris mengantarkan Presiden menuju kendaraan.

Baca juga : Relawan SandiUno Hadir Di Festival Cemilan, Bantu Pasarkan Produk UMKM Bandung

Momen Ibu Iriana mengelus dengan penuh kasih sayang dua bocah laki-laki itu viral di media sosial setelah potongan video dari YouTube Sekretariat Presiden diunggah oleh akun Instagram @mood.jakarta. Aksi penuh simpatik dari Ibu Iriana ini mendapat panen pujian.  

"Humble, perfect leader," tulis @horeasi. Hati seorang ibu selalu melekat di hati beliau," tulis @surjangmo.

Di lini masa Twitter, pujian kepada Ibu Iriana juga mengalir. Akun @cahangon45 menilai, sifat keibuan Ibu Iriana begitu terlihat.  

"Memperlihatkan sifat keibuan Ibu Iriana," ujarnya. Akun @masbrojowo ikut terharu melihat aksi Ibu Iriana. "Bener Om. Bikin mata mbrebes mili lihat ini," ujarnya. 

Baca juga : Relawan Mas Bowo Gelar Ragam Kegiatan Di 3 Provinsi, Warga Deklarasikan Dukungan

Akun @amaragen2 mengatakan naluri pelindung seorang Ibu reflek dilakukan Bu Iriana. "Memang luar biasa Ibu Negaraku!!" serunya, memberi pujian. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.