Dark/Light Mode

Ho Chi Minh-Jakarta Cuma 3 Jam Perjalanan

Siap-Siap, Turis Vietnam Bakal Banjiri Destinasi Wisata Tanah Air

Selasa, 8 Agustus 2023 11:49 WIB
Penerbangan langsung perdana pesawat Vietjet dari Ho Chi Minh mendarat dengan aman di Jakarta pada hari Sabtu (5/8). Penerbangan langsung Ho Chi Minh – Jakarta dengan Vietjet dapat ditempuh dalam waktu 3 Jam dengan menggunakan Airbus A320. (Foto: Ist)
Penerbangan langsung perdana pesawat Vietjet dari Ho Chi Minh mendarat dengan aman di Jakarta pada hari Sabtu (5/8). Penerbangan langsung Ho Chi Minh – Jakarta dengan Vietjet dapat ditempuh dalam waktu 3 Jam dengan menggunakan Airbus A320. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Maskapai penerbangan Vietjet akhirnya resmi memiliki jadwal penerbangan langsung Jakarta-Ho Chi Minh City mulai Sabtu (5/8). Kementerian Luar Negeri Indonesia menyambut baik pembukaan rute baru dan berharap jumlah wisatawan dari Vietnam terus meningkat di masa mendatang.

Peresmian rute langsung ini adalah hasil dari permohonan Vietjet untuk membuka penerbangan langsung dari Ho Chi Minh City–Bali pada 2022. Penerbangan Indonesia-Vietnam kini sudah bisa ditempuh dalam waktu tiga jam dengan menumpangi pesawat tipe Airbus A320. Kehadiran rute penerbangan langsung dari maskapai low-budget ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap sektor wisata dari kedua negara.

Baca juga : Buka Jasa Cukur Rambut Gelap, Mahasiswa Vietnam Ditahan Polisi Jepang

Berdasarkan keterangan tertulis Kemlu, peluncuran penerbangan perdana maskapai Vietjet dari Ho Chi Minh – Jakarta ini dihadiri  Konsul Jenderal Indonesia di Ho Chi Minh Agustaviano Sofjan.

Penerbangan langsung perdana Vietjet tujuan Ho Chi Minh – Jakarta tersebut diawaki oleh Kapten Pilot Didi Adityawarman, salah satu pilot Indonesia terlama yang bekerja di Vietjet. 

Baca juga : Pimpin KONI Jakarta Pusat, Bang Zae Siap Cetak Atlet Prestasi

Kemlu Indonesia menilai bahwa kehadiran rute langsung Ho Chi Minh City ke Jakarta dari Vietjet ini menandai meningkatnya konektivitas, serta memberikan alternatif bagi konsumen. Sebelumnya, Vietnam Airlines dan Air Asia Indonesia juga membuka rute.

Berdasarkan data dari Kemenparekraf RI, dari total 5,4 juta turis mancanegara yang berkunjung ke Indonesia pada 2022, jumlah turis Vietnam mencapai 62.190. Menurut data yang disampaikan di situs Agoda, Indonesia adalah salah satu tujuan destinasi warga Vietnam selama liburan Tet (Tahun Baru Imlek) tahun ini.

Baca juga : Kali Ini Alasannya, Mepet Waktu Sahur

Hal lain yang meningkat adalah permohonan visa kunjungan bisnis juga semakin banyak diterima di Perwakilan RI di Vietnam. Pasar yang menjanjikan ini tentunya telah mendorong maskapai Vietjet untuk menambah rute penerbangan langsung dari Ho Chi Minh ke Jakarta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.