Dark/Light Mode

Cinta Tanah Air Indonesia Bergema di Beijing

Minggu, 13 Agustus 2023 20:39 WIB
Dubes Djauhari Oratmangun dan Ibu Wiwik Oratmangun saat ikut lomba joget balon, dalam peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, di Beijing, China, Minggu (13/8). (Foto: Dok. KBRI Beijing).
Dubes Djauhari Oratmangun dan Ibu Wiwik Oratmangun saat ikut lomba joget balon, dalam peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, di Beijing, China, Minggu (13/8). (Foto: Dok. KBRI Beijing).

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk rangka menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI, KBRI Beijing melaksanakan serangkaian kegiatan pada 10 dan 13 Agustus 2023. Pada 10 Agustus 2023 malam, KBRI Beijing mengundang Guiqiao (orang asli berdarah China yang tidak lahir di China namun telah kembali China) Indonesia ke Wisma Duta untuk melakukan ramah tamah dengan keluarga besar KBRI Beijing. Terdapat sekitar 50 orang Guiqiao yang hadir pada pertemuan tersebut.

Seperti keterangan resmi KBRI Beijing, walaupun telah kembali ke China, kecintaan Guiqiao akan Indonesia tidak pernah pudar. Bahkan, di antara mereka ada yang masih fasih berbahasa Indonesian. Mereka rutin melakukan reuni, khususnya menjelang HUT Kemerdekaan RI. Dalam setiap reuni, mereka menyanyikan lagu-lagu Indonesia dan menikmati makanan Indonesia. 

Pada pertemuan tersebut, Dubes RI Djauhari Oratmangun menyampaikan mengenai hasil kunjungan Presiden Jokowi ke Chengdu. Di antaranya tercermin dalam hubungan people-to-people Indonesia-China yang semakin baik. 

Baca juga : Sharp Indonesia Berhasil Capai Produksi Lemari Es ke 25 Juta Unit

“Peran dan kontribusi Guiqiao yang diketuai Bapak Ye Xiaoping, Prof Xu Liping (Indonesianis dan Direktur Pusat Studi Asia Tenggara di National Institute of International Strategy), YouTuber Indonesia Rudy Chen, serta YouTuber China yang fasih berbahasa Indonesia, Nining dan Ariana Xie juga luar biasa dalam mempererat hubungan antar manusia Indonesia dan China,” ungkap Dubes Djauhari

Pada kesempatan tersebut, Prof Xu Liping dan Ye Xiaoping menyampaikan apresiasi atas capaian hubungan bilateral Indonesia-China yang semakin meningkat. Hal ini merupakan memontem bersejarah bagi kedua negara.

Sepanjang pertemuan yang berlangsung dengan sangat akrab, para Guiqiao yang telah kembali ke China tahun 1950-1960-an dengan fasihnya menyanyikan lagu-lagu Indonesia. Di antaranya Rayuan Pulau Kelapa, Indonesia Pusaka, dan Ayo Mama yang membuat keluarga KBRI maupun penonton yang menyaksikan melalui YouTube terharu.

Baca juga : Cerita Pembina Pramuka Indonesia, Setelah Diungsikan Ke Asrama Kampus Di Korsel

Pada 13 Agustus 2023, KBRI Beijing mengadakan acara sepeda gembira dilanjutkan dengan berbagai perlombaan. Kemeriahan acara terlihat dari antusiasme peserta yang hadir, baik dari keluarga besar KBRI Beijing dan Bank Indonesia Beijing, WNI, maupun friends of Indonesia.

Acara sepeda gembira diawali dengan start yang dilakukan Dubes Djauhari dan Ibu Wiwik Oratmangun serta diikuti peserta lain baik dewasa maupun anak-anak dengan menempuh rute sepanjang 7,8 km menyusuri pusat kota Beijing.

Selepas bersepeda, acara dilanjutkan dengan berbagai perlombaan untuk merayakan momen kemerdekaan tersebut. Lomba yang dipertandingkan untuk kategori anak-anak yaitu lomba memindahkan bendera, lomba makan kerupuk, lomba memecahkan balon, lomba meniup bola pingpong, lomba kacang sumpit, lomba makan kerupuk, dan lomba balon naga. Sedangkan lomba untuk dewasa yaitu lomba balap karung, lomba joget balon, lomba estafet memecahkan balon, dan gaple.

Baca juga : Kaget Diminta Bugil

“Terima kasih kepada para peserta baik Bapak/Ibu maupun anak-anak yang telah antusias untuk mengikuti perlombaan. Esensi dari perlombaan ini bukanlah menang atau kalah namun untuk mempererat rasa kekeluargaan dan nasionalisme agar terus melaju untuk Indonesia Maju sesuai dengan Tema HUT ke-78 Kemerdekaan RI,” ungkap Dubes Djauhari.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.