Dark/Light Mode

Dubes Mohamad Hery Saripudin

Momen Bersejarah, Sambut Jokowi Di Nairobi

Selasa, 22 Agustus 2023 05:56 WIB
Dubes Mohamad Hery Saripudin menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo di Nairobi, Kenya, 20 Agustus 2023. (Rakyat Merdeka/RM.id/KBRI Nairobi )
Dubes Mohamad Hery Saripudin menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo di Nairobi, Kenya, 20 Agustus 2023. (Rakyat Merdeka/RM.id/KBRI Nairobi )

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo berkunjung ke Nairobi, Kenya, setelah empat dekade pembukaan hubungan diplomatik kedua negara.

Kunjungan ini mengawali rangkaian Kunjungan Presiden RI ke negara-negara di kawasan Afrika. Keterangan KBRI Nairobi menyebutkan, Jokowi dan rombongan tiba pukul 15.15 waktu Nairobi, atau 19.15 WIB, Minggu, 20 Agustus 2023.

Baca juga : Ketum Pemuda Muhammadiyah Yakin Ganjar Lanjutkan Program Jokowi

Menurut Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Kenya, merangkap Republik Uganda, Republik Demokratik Kongo, Republik Federal Somalia, dan Perwakilan Tetap RI untuk UNEP dan UN-Habitat, Dr Mohamad Hery Saripudin, ini merupakan momen bersejarah kunjungan kenegaraan RI yang pertama kalinya, setelah 44 tahun kedua negara membuka hubungan diplomatik.

Di bawah tangga pesawat, Presiden RI disambut Dubes Hery beserta istri, dan Atase Pertahanan RI di Pretoria, Kolonel Marinir Burhanudin beserta istri. Hadir juga dari pihak Kenya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Kenya, Alfred Mutua, dan Menteri Pertambangan, Ekonomi Biru, dan Kemaritiman Kenya, Salim Mvurya selaku Escort of Honour.

Baca juga : Dubes Hery Saripudin Ikut Lomba Tujuh Belasan Bersama Staf Dan Keluarga KBRI

Presiden bersama rombongan terbatas selanjutnya berjalan kaki menuju State Pavillion yang berada di kawasan bandara untuk menandatangani Buku Tamu Kenegaraan. Dari bandara, Jokowi bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju hotel tempat bermalam selama kunjungan di Kenya.

Setibanya di hotel, Presiden disambut Menlu RI, Retno Marsudi, dan Kepala Kanselerai KBRI Nairobi, Danny Rahdiansyah.

Baca juga : Pengamat: Kaesang Beri Kode Jokowi Dukung Ganjar

Kepala Kanselerai (Head of Chancery) adalah pejabat diplomatik yang memiliki gelar diplomatik tertinggi setelah Kepala Perwakilan atau Pejabat Diplomatik lainnya yang ditunjuk, yang ditetapkan Menteri Luar Negeri dan bertanggung jawab kepada Kepala Perwakilan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.