Dark/Light Mode

Tegaskan Komitmen Kemitraan

Jokowi: Mozambik Sahabat Dekat Indonesia, Mitra Pertama PTA Pertama Di Afrika

Rabu, 23 Agustus 2023 22:03 WIB
Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Mozambik Filipe Nyusi di Kantor Presiden Republik Mozambik, Maputo, Republik Mozambik, Rabu (23/8/2023). (Foto: Laily Rachev/Biro Pers Setpres)
Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Mozambik Filipe Nyusi di Kantor Presiden Republik Mozambik, Maputo, Republik Mozambik, Rabu (23/8/2023). (Foto: Laily Rachev/Biro Pers Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan komitmen Indonesia untuk memperkuat kemitraan dengan Mozambik, melalui kerja sama dalam bidang ekonomi dan pembangunan.

"Indonesia terus berkomitmen untuk memperkuat kemitraan dengan Mozambik, melalui kerja sama konkret. Baik di bidang ekonomi maupun pembangunan,” ujar Jokowi, usai pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Mozambik Filipe Nyusi di Kantor Presiden Republik Mozambik, Maputo, Republik Mozambik, Rabu (23/8/2023).

"Mozambik adalah sahabat dekat Indonesia, yang juga mitra Preferential Trade Agreement (PTA) pertama Indonesia di Afrika," imbuhnya.

Dalam bidang investasi, Jokowi menyambut baik rencana penanaman modal atas pengelolaan minyak dan gas oleh Indonesia di Mozambik, hingga perluasan investasi pada sektor energi.

Baca juga : Pena Mas Ganjar Resmikan Gantangan Pertapa Di Tegal

“Saya menyambut baik rencana investasi untuk pengelolaan gas end-to-end oleh BUMN Indonesia, dan perluasan investasi di sektor pembangkit listrik,” tutur Jokowi.

Tak hanya itu, Presiden ke-7 RI itu juga turut menyambut baik investasi produksi dan penjualan gas oleh perusahaan Indonesia di Mozambik. Serta produksi dan penjualan distribusi gas oleh perusahaan swasta Indonesia.

Presiden mendorong terbentuknya Bilateral Investment Treaty (BIT) antarkedua negara, dengan meminta kementerian terkait untuk segera menyelesaikannya.

Kepala Negara menyebut, Indonesia dan Mozambik telah sepakat memperkuat kerja sama ketahanan kesehatan Mozambik melalui pengadaan vaksin, obat-obatan, dan alat kesehatan.

Baca juga : Sekangen Itu Jokowi Sama IPM, Begitu Diundang Muktamar, Langsung Tunda Ke Afrika

“Saya meminta dukungan Presiden Nyusi, untuk proses registrasi vaksin Indonesia,” ucap Jokowi.

Ditegaskan pula, Indonesia terus berkomitmen memperkuat kerja sama pembangunan dengan Afrika, melalui rencana besar pembangunan lima tahun ke depan, yang akan segera diselesaikan.

“Indonesia sedang merampungkan grand design pembangunan lima tahun ke depan untuk Afrika di sektor kesehatan, pangan, dan energi, dan sektor yang lain yang menjadi kepentingan Mozambik,” papar Jokowi.

Dalam pertemuan tersebut, kedua negara menandatangani sejumlah dokumen kerja sama yakni Nota Kesepahaman dalam Kontrol Obat-obatan dan Produk Biologis, serta Surat Minat Kerja Sama Bilateral Bidang Pertahanan.

Baca juga : Bamsoet Tegaskan, Jokowi Tidak Cawe-Cawe di Persoalan Partai Golkar

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Duta Besar RI untuk Republik Mozambik dan Malawi Herry Sudrajat. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.