Dark/Light Mode

Soal Laut China Selatan

Menhan RI Dipelintir Amerika

Jumat, 1 September 2023 08:00 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. (Foto: Prabowo Subianto)
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. (Foto: Prabowo Subianto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Amerika Serikat (AS) mengklaim Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sepakat dengan sikap Negeri Paman Sam yang menilai China melanggar hukum internasional di Laut China Selatan. Pihak China protes akan klaim AS ini. Agar persoalan ini, jadi clear, Prabowo buru-buru meluruskannya.

AS awalnya membuat pernyataan Prabowo dalam rilis pers Departemen Pertahanan AS yang berjudul ‘Pernyataan Pers Bersama Dephan AS dan Menhan Indonesia’ yang terbit pada 24 Agustus 2023. Rilis itu keluar setelah Prabowo bertemu Menhan AS, Llyod Austin.

Baca juga : Kalahkan Messi, Halaand Jadi Pemain Terbaik UEFA

Kemarin, Prabowo buka suara menanggapi pernyataan Departemen Pertahanan AS itu. Prabowo menegaskan, tidak ada pernyataan bersama soal itu, usai dirinya bertemu dengan Menhan Austin.

“Tidak ada joint statement, dan tidak ada press conference ya,” ujar Prabowo, usai acara penyerahan 100 unit sepeda motor listrik kepada TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Polri, di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta Pusat, kemarin.

Baca juga : Lyon Ogah Minjemin, Setan Merah Kudu Beli Tagliafico

Prabowo menegaskan, hubungan Indonesia dengan China, terjalin dengan baik. “Kami saling menghormati, Kami saling pengertian,” tegasnya.

Prabowo juga mengingatkan, pada prinsipnya, Indonesia bersahabat dengan semua negara dan menganut politik luar negeri bebas aktif atau non-aligned. “Kita adalah non blok, kita bersahabat dengan semua negara. Jadi, saya kira itu yang penting,” tutur Prabowo.

Baca juga : Kemenag Siapkan Beasiswa Disabilitas Kuliah Di Amerika

“Saya sampaikan, kita sangat bersahabat sama China. Kami juga menghargai Amerika Serikat, kami juga bersahabat sama Rusia,” sambung eks Danjen Kopassus itu.

Jalinan hubungan yang baik di antara Indonesia dan sejumlah negara mitra itu, kata Prabowo, tercermin dari rangkaian kunjungan kenegaraan yang ia lakukan. Prabowo mengungkapkan, dalam waktu dekat, akan memenuhi undangan serta bertandang ke China dan Rusia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.