Dark/Light Mode

Sekjen PBB Puji Kepiawaian Diplomasi Presiden Jokowi

Kamis, 7 September 2023 15:45 WIB
Sekjen PBB Antonio Guterres bersama Presiden Jokowi, dalam pertemuan bilateral di sela KTT ASEAN, di JCC, Kamis (7/9). (Foto: Setpres)
Sekjen PBB Antonio Guterres bersama Presiden Jokowi, dalam pertemuan bilateral di sela KTT ASEAN, di JCC, Kamis (7/9). (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memuji diplomasi Indonesia terkait berbagai isu global. Diplomasi itu dianggap akan memiliki dampak tidak hanya pada tingkat Asia Tenggara, tapi juga global.

Pujian itu disampaikan Sekjen PBB Antonio Guterres dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi, di sela KTT ke-43 ASEAN, di Jakarta Convention Center, Kamis (7/9). Dalam pertemuan itu, Guterres memuji kepiawaian diplomasi Jokowi dan Indonesia.

Di awal pertemuan, Guterres memberi selamat atas upaya diplomasi terkait isu global yang dilakukan Jokowi. Menurut Guterres, Jokowi telah memberi contoh kombinasi luar biasa antara kepiawaian diplomasi dan keteguhan pada prinsip. Hal itu ditunjukkan dalam kepemimpinan Jokowi sebagai Presiden G20 tahun lalu, dan Ketua ASEAN tahun ini.

Baca juga : Sekjen PBB: Dulu Soekarno-Hatta, Sekarang Prabowo-Yusril

“Sungguh contoh yang luar biasa dari kombinasi diplomasi yang sangat terampil dengan kesetiaan terhadap prinsip, termasuk Piagam PBB,” ujarnya.

Guterres mengatakan, Indonesia merupakan mitra istimewa PBB dalam menjaga perdamaian dan persatuan. Dia berharap, kerja sama ini akan terus berlanjut. Antara lain peran utama dalam pembangunan berkelanjutan, aksi iklim, dan hak asasi manusia. Pihaknya bertekad untuk mengembangkan dan mempertahankan hal tersebut selama mungkin.

“Tidak hanya kerja sama kita dengan Indonesia, namun juga kerja sama kita dengan ASEAN. Selamat kepada Bapak Presiden atas kepemimpinan Anda yang luar biasa di ASEAN selama periode ini,” tuturnya.

Baca juga : Bukan Cuma Demi Kekuasaan, Demokrasi Mesti Bikin Rakyat Makin Sejahtera

Pada pertemuan dengan Guterres, Jokowi menyampaikan keprihatinan atas situasi global saat ini. Dia berharap, PBB semakin bersemangat untuk menciptakan perdamaian dunia. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, sinergitas antara ASEAN dan PBB diperlukan untuk menjaga perdamaian.

“Juga untuk mengatasi masalah-masalah penting di ASEAN, termasuk krisis Myanmar,” ucap Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan soal Indo-Pasifik. Menurut Jokowi, ASEAN kembali memberikan kontribusi bagi kawasan Indo-Pasifik melalui implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP). Implementasinya kemudian diterjemahkan dalam kerja sama konkret,” katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.