Dark/Light Mode

Bukan Cuma Demi Kekuasaan, Demokrasi Mesti Bikin Rakyat Makin Sejahtera

Senin, 4 September 2023 05:53 WIB
Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta. (Reuters/Lirio da Fonseca)
Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta. (Reuters/Lirio da Fonseca)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemimpin yang dipilih langsung dalam sistem demokrasi, tidak selalu bisa memberikan demokrasi pada rakyatnya. Sebaliknya, sistem otokrasi seperti monarki, justru bisa memberikan demokrasi pada rakyatnya.

Dalam forum diskusi internasional yang diselenggarakan Foreign Policy Community Indonesia (FPCI) dan Global Citizen, Global Town Hall (GTH) 2023, Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta, menggarisbawahi pentingnya demokrasi dan Hak Asasi Manusia (HAM) dalam dunia yang terus berubah. Menurutnya, demokrasi merupakan hak yang seharusnya sudah pasti dimiliki tiap orang.

Baca juga : Bagikan Emas Buat Rayakan Perceraian

“Itu berarti, ada kebebasan berekspresi, kebebasan berserikat, kebebasan untuk mengkritik,” ujar Ramos Horta dalam sesi diskusi dengan topik “Membela Marta￾bat Manusia: Menegakkan Landasan Hak Asasi Manusia.”

Horta bercerita tentang pelaksanaan dan peringkat demokrasi di negaranya. Dia bilang, Timor Leste menduduki peringkat teratas dalam hal demokrasi dan kebebasan media.

Baca juga : Jalankan Tugas Dari Menteri Erick, BNI Perkuat Lindungi Pekerja Migran

Di negaranya, media sosial, televisi, surat ka￾bar, bisa diakses masyarakat, tanpa takut diintimidasi pihak berwenang. Selain itu, Timor Leste juga mendapatkan predikat demokrasi penuh dari Freedom House dan lembaga lainnya.

Eks provinsi ke-27 Indonesia itu juga berada di peringkat ke-10 dalam hal kebebasan media, menurut Reporters Without Borders.

Baca juga : Dukung Digitalisasi UMKM, hibank Raih Sejumlah Penghargaan

“Timor-Leste menjadi yang terdepan dalam hal demokrasi,” ujar Perdana Menteri Timor Leste periode 2006-2007 ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.