Dark/Light Mode

Merinding! Sekjen PBB Sebut ’Bhinneka Tunggal Ika’ Kunci Atasi Masalah Dunia

Kamis, 7 September 2023 15:47 WIB
Sekjen PBB Antonio Guterres. Foto: Media Center KTT ASEAN 2023/Harviyan Perdana Putra/foc)
Sekjen PBB Antonio Guterres. Foto: Media Center KTT ASEAN 2023/Harviyan Perdana Putra/foc)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Antonio Guterres menyitir semboyan yang digenggam Garuda Pancasila untuk bisa juga dipakai dunia meredakan berbagai ketegangan dan konflik saat ini. Semboyan itu, sebut Antonio adalah Bhinneka Tunggal Ika.

Hal ini disampaikan Antonio kepada awak media di Media Center KTT ASEAN, Kamis (7/9). Dalam kesempatan itu, ia mengutarakan sejumlah masalah dunia yang terus dicarikan jalan keluarnya.

Mulai dari ketegangan di Laut Cina Selatan hingga Semenanjung Korea. Termasuk memburuknya situasi politik, kemanusiaan, dan hak asasi manusia di Myanmar, termasuk di Rakhine.

Baca juga : Gandeng Inovator Muda, BAT Indonesia Atasi Masalah Lingkungan Hidup

Ia mengapresiasi peran Indonesia dan ASEAN yang berani ikut andil membangun jembatan pemahaman, demi menciptakan perdamaian.

Menurutnya, dunia sedang diuji oleh berbagai krisis, mulai dari darurat iklim yang semakin parah, eskalasi perang dan konflik, kemiskinan yang meningkat, kesenjangan yang membesar, dan ketegangan geopolitik yang kian parah.

Setelah bicara panjang lebar, Antonio lalu menyebutkan satu kalimat kunci, yang selama menjadi semboyan Indonesia. Ia meyakini semboyan ini bisa menjadi jalan keluar untuk meredakan berbagai masalah di dunia. 

Baca juga : KPP Santai, Jalan Terus…

"Bhinneka Tunggal Ika," ucap Antonio. 

Menurutnya, kalimat yang mengarkan persatuan di tengah keragaman diharapkan tidak hanya menjadi motto nasional Indonesia. Tapi juga bisa menjadi solusi untuk membawa dunia ke arah yang lebih baik.

"Ini (Bhinneka Tunggal Ika) adalah kunci untuk membentuk masa depan yang lebih baik untuk semua. Kita memerlukan kerja sama di semua bidang," pungkasnya, sebelum membuka sesi tanya jawab.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.