Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Gandeng Inovator Muda, BAT Indonesia Atasi Masalah Lingkungan Hidup

Rabu, 9 Agustus 2023 21:30 WIB
Juara Battle of Minds. (Foto: Ist)
Juara Battle of Minds. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Battle of Minds kembali hadir di Indonesia. Kompetisi global yang diikuti oleh 27 negara di dunia itu mengajak generasi muda untuk menjadi bagian dari perubahan dan ikut serta menyelesaikan tantangan dengan mengusung tema besar Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola (ESG) dengan membawa empat tantangan besar dalam kategori Bio, Tech, Inclusion dan Energy.

Kompetisi ini sudah dimulai sejak 1 Mei-30 Juni 2023 dan diikuti oleh 129 peserta dari seluruh Indonesia. Para pendaftar yang kami sebut sebagai inovator muda ini terdiri dari mahasiswa/i, sarjana muda (fresh graduates) dan profesional muda.

Kompetisi yang diinisiasi oleh British American Tobacco (BAT) ini memberikan wadah nyata bagi generasi muda yang ingin berkontribusi terhadap lingkungan hidup. Pemenang pertama dari kompetisi ini akan memperoleh kesempatan untuk mewujudkan idenya dan mewakili Indonesia pada kompetisi Battle of Minds 2023 di tingkat Asia Pasifik, bersaing dengan perwakilan dari Vietnam, Malaysia, Papua New Guinea dan Fiji.

Baca juga : Kondisi Kontingen Pramuka Indonesia Di Korsel, Usai Diungsikan Ke Asrama Kampus

Pada tahapan selanjutnya, pemenang dari tingkat Asia Pasifik akan bersaing di tingkat global untuk memperebutkan hadiah pendanaan modal senilai 50.000 Pondsterling atau setara dengan Rp 1 miliar. Selama perjalanan mulai dari babak lokal, Asia Pasifik dan global, peserta mendapatkan mentoring dari para ahli di bidang bisnis  untuk membantu mereka mengembangkan dan memantapkan ide bisnisnya.

Dalam perjalanan menuju pencarian ide bisnis terbaik ini, BAT Indonesia telah melaksanakan rangkaian kegiatan ke universitas dan komunitas secara online. Rangkaian tersebut tidak hanya untuk mempromosikan Battle of Minds, namun juga memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi peserta seperti tips dan trik mengenai bisnis, bagaimana mencapai kesuksesan dalam berkarir di usia muda dan berbagi ilmu di berbagai bidang seperti pemasaran digital.

Setiap kegiatan yang diadakan telah dikemas semenarik mungkin dengan menghadirkan berbagai narasumber yang sudah ahli di bidangnya, baik yang berasal dari pemimpin muda yang ada di BAT Indonesia ataupun founder dari start-up company dan entrepreneur muda yang sudah sukses di bidangnya masing-masing.

Baca juga : Harga Di Atas HET, Pupuk Indonesia Minta Petani Lapor Ke Layanan Pelanggan

Setelah melalui tahapan penyaringan terhadap 129 tim yang mendaftar, panitia menerima proposal yang secara keseluruhan memiliki ide-ide sangat cemerlang. Selanjutnya panitia memilih 7 proposal terbaik di antara yang terbaik untuk melaju ke babak penjurian di tingkat nasional. Proposal tersebut diperoleh dari tim BIKI, Karla Bionics, Waluya, SIAB Indonesia, EcoplastID, LabPrestaSI, serta Gelatah yang berasal dari beberapa kota besar di Indonesia seperti Bekasi, Bogor, Bandung, Surabaya dan Solo.

Ketujuh tim terbaik tersebut telah mempresentasikan ide bisnis mereka dihadapan dewan juri pada hari ini, Rabu (9/8) dan telah diputuskan ketiga pemenang, yaitu tim BIKI dari Bogor dengan tema BIO tentang Chitasil Edible Coating sebagai juara 1, Karla Bionics dari Bekasi dan Bandung mengangkat tema Inclusion tentang Accessible Limb Prosthesis sebagai juara 2, dan SIAB Indonesia dari Solo dengan tema Energy tentang Digitalization of drinking water management based on Internet of Things (IoT) sebagai juara ketiga.

Ketiga tim tersebut berhak mendapatkan hadiah uang tunai dengan total Rp 72 juta. Melalui Battle of Minds, para peserta tidak hanya berkesempatan untuk mendapatkan pendanaan bisnis, finalis yang bersaing di tingkat nasional juga memiliki kesempatan untuk berkarir di BAT Indonesia, melalui InternUP (program internship) dan Global Graduate Programme (sebutan untuk program Management Trainee di BAT Indonesia).

Baca juga : Menpora: Indonesia Siap Kerja Sama Dengan 57 Negara Islam OIC

“Malam ini kita bersama-sama telah menyaksikan lahirnya calon inovator muda yang akan membawa perubahan bagi dunia yang lebih baik, terutama lingkungan hidup. Kami BAT Indonesia, siap untuk mendampingi dan memberikan dukungan kepada mereka, terutama para pemenang sampai ke tingkat global, serta untuk mewujudkan ide-ide tersebut,” ujar  Talent, Culture & Inclusion Director BAT Indonesia, Jonathan Sembiring.

Dia berharap, pemenang tahun ini bisa mengulang kesuksesan tim Ijo yang berasal dari Indonesia di tahun 2021, menjadi pemenang di babak global Battle of Minds 2023. Semoga ke depannya kompetisi ini dapat terus menginspirasi inovator muda lainnya untuk memimpin perubahan di negeri ini dan menciptakan dampak positif bagi lingkungan juga masyarakat sekitar.

“Sekali lagi, saya ucapkan selamat kepada para pemenang, let’s LEAD THE LEGACY!”, ujarnya

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.