Dewan Pers

Dark/Light Mode

Gerindra Berkoalisi Dengan PKB

PKS Tak Kecewa, Malah Bahagia

Selasa, 16 Agustus 2022 08:00 WIB
Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera. (Foto: Fraksi PKS)
Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera. (Foto: Fraksi PKS)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengaku tidak ngambek dengan sikap mantan teman koalisinya di Pilpres 2019, Partai Gerindra membangun koalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk menghadapi Pemilu 2024. Partai oposisi ini justru happy, karena hal itu akan menciptakan lebih dari dua poros.

“Tidak masalah, kita tetap berkomunikasi dengan parpol lain,” ujar Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Berita Terkait : Koalisi Dengan Gerindra, PKB Siap Menangkan Pemilu 2024

Vokalis PKS di DPR ini menganalisa, terbentuknya koalisi Gerindra-PKS, membuat peluang besar terjadinya lebih dari dua poros di Pemilu 2024. Pertama, Koalisi Indonesia Bersatu (Golkar-PAN-PPP), dan Gerindra PKB. Ini sudah memastikan terbentuk dua poros. Sedangkan PDIP hingga kini belum bergerak.

Poros ketiga yang dimaksud adalah, kemungkinan terjadinya poros Demokrat-NasDem-PKS. Meski belum terbentuk, komunikasi PKS dengan Cikeas dan Gondangdia masih berjalan, dan tidak menutup kemungkinan berlanjut pada pembentukan koalisi. “Hingga saat ini, PKS paling dekat dengan NasDem dan Demokrat,” ucapnya.

Berita Terkait : PKB Komit Tak Akan Kunci Kebebasan Pers Di RKUHP

Intinya, PKS ingin menghadirkan demokrasi yang sehat di Pilpres 2024. Jangan sampai, terjadi polarisasi seperti dua Pemilu sebelumnya yang lukanya hingga saat ini belum tersembuhkan. Soal siapa calon presiden yang akan diusung PKS, belum bisa disebutkan. “Komitmen PKS menghadirkan demokrasi yang sehat. Karena itu mendukung paslon lebih dari dua,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan, Juru Bicara PKS, Muhammad Kholid. Dia bilang, partainya merespon positif terbentuknya koalisi Gerindra-PKB. “Kami senang dengan terbentuknya koalisi Gerindra-PKB. Sebagai sahabat, kami ucapkan selamat dan semoga sukses,” ujar Kholid.

Berita Terkait : Pertahankan Ekonomi Positif Dengan Jaga Daya Beli Masyarakat

Analisanya, terbentuknya poros Gerindra-PKB memastikan bertambahnya kepastian jumlah poros menjelang Pilpres 2024 setelah kelahiran KIB. Sekalipun Gerindra adalah mantan sekutu, dan PKB sempat dekat dengan wacana koalisi Semut Merah, PKS tidak kecewa.
 Selanjutnya