Dark/Light Mode

Komitmen Dinilai Cuma Retorika

Jokowi Berani Kritik Negara Maju Di G20

Minggu, 10 September 2023 08:00 WIB
Presiden Joko Widodo duduk di samping Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat mengikuti sesi pertama KTT G20, di New Delhi, India, Sabtu (9/9). (Foto: Biro Pers Setpres)
Presiden Joko Widodo duduk di samping Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat mengikuti sesi pertama KTT G20, di New Delhi, India, Sabtu (9/9). (Foto: Biro Pers Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengkritik negara-negara maju di acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 India. Eks Wali Kota Solo itu bilang, komitmen negara-negara maju soal upaya melindungi bumi cuma retorika.

Usai sukses menggelar KTT ASEAN, Jokowi bersama Ibu Iriana langsung bertolak ke India, Jumat (8/9) sore. Jokowi juga ditemani Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Baca juga : Usai Ke Afrika, Jokowi Akan Resmikan SPAM Mebidang Di Sumut

Usai menempuh penerbangan selama 6 jam, Jokowi dan rombongan tiba di Air Force Station (AFS) Palam, New Delhi, India, Jumat (8/9), pukul 19.40. Kehadiran Jokowi disambut Duta Besar RI di New Delhi Ina Krisnamurthi dan Atase Pertahanan KBRI New Delhi Laksma Didik Kurniawan beserta istri.

Kehadiran Jokowi juga disambut tarian tradisional Bihu asal negara bagian Assam, India yang dibawakan oleh sejumlah penari dengan pakaian merah cerah. Dari bandara, Jokowi beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju hotel tempatnya bermalam selama berada di New Delhi, India. Setibanya di hotel, Jokowi disambut oleh sejumlah pegawai KBRI New Delhi dan diaspora Indonesia.

Baca juga : Kunjungi Afrika, Jokowi Ingin Suara Negara Berkembang Makin Didengar

Hari kedua di India, Jokowi menghadiri rangkaian KTT G20 India yang digelar di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi. Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 10.10.

Jokowi tampil dengan setelan jas berwarna biru. Kedatangan Jokowi langsung disambut Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi. Kedua pemimpin negara pun tampak berfoto bersama sambil berjabat tangan dengan latar belakang roda yang menjadi ikon dari Kornark Sun Temple yang merupakan bagian dari situs warisan dunia UNESCO.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.