Dark/Light Mode

Temui Presiden Putin, Kim Jong Un Tiba Di Rusia Naik Kereta Anti Peluru

Selasa, 12 September 2023 11:30 WIB
Pemimpin Korea Utara Korut, Kim Jong Un, tiba di Rusia untuk menemui Presiden Vladimir Putin, Selasa (12/9). (Foto: Ist)
Pemimpin Korea Utara Korut, Kim Jong Un, tiba di Rusia untuk menemui Presiden Vladimir Putin, Selasa (12/9). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un, tiba di Rusia untuk menemui Presiden Vladimir Putin, Selasa (12/9). Dari Pyongyang, Kim berangkat menuju ke kota pelabuhan Rusia Vladivostok menggunakan kereta api antipeluru bersama sejumlah diplomat dan jajaran pejabat tinggi industri senjata Korut, termasuk komandan militer Pyongyang.

Laporan kantor berita Korean Central News Agency (KCNA) menyebut dalam pertemuan tersebut Kim Jong Un dan Putin salah satunya akan membahas kerja sama senjata.

Dilansir Reuters, Selasa (12/9), para pejabat Amerika Serikat (AS), yang pertama kali melaporkan rencana kunjungan itu, mengatakan bahwa diskusi tersebut kemungkinan besar akan mencakup potensi kesepakatan bagi Korut untuk menyediakan senjata kepada Rusia untuk perangnya di Ukraina.

Baca juga : Partai Pro Putin Sapu Suara, Pilkada Di Rusia Dicap Curang

Di antara delegasi Korut yang mendampingi Kim Jong Un, terdapat jajaran anggota militer terkemuka dari partai berkuasa Korut, termasuk Jo Chun Ryong yang merupakan Direktur Departemen Industri Amunisi Korut.

Dilansir BBC, Selasa (12/9), menaiki kereta api ke Rusia merupakan tradisi lama di kalangan Pemimpin Korea Utara. 

Kim Jong Un akan menghabiskan lebih dari 20 jam perjalanan untuk menempuh jarak sekitar 1.180 km dari Korut ke Rusia.

Baca juga : Merah Putih Gondol 4 Emas Di Indonesia International Challenge

Lokomotif akan bergerak lambat. Rangkaian kereta itu disebut terdiri dari gerbong yang konon mencakup restoran dengan sajian anggur Prancis berkualitas dan hidangan seperti anggur segar hingga lobster

Tradisi perjalanan jarak jauh dengan kereta api itu dimulai oleh kakek Kim Jong Un, Kim Il Sung. Dia naik kereta sendiri dalam perjalanan ke Vietnam dan Eropa Timur.

Kereta mewah ini dijaga sangat ketat oleh agen keamanan Korut. Selain menjaga kereta, mereka juga memindai rute dan stasiun yang akan didatangi Kim Jong Un. Mereka akan melakukan pengecekan untuk memastikan tak ada bom dan ancaman lainnya.

Baca juga : Presiden Tinjau SMK Di Semarang Hingga Buka Kongres KMHDI Di Palu

Ayah Kim Jong Un, Kim Jong Il, juga dikabarkan bepergian dengan kereta api karena takut terbang. 

Kim Jong Il terkenal membutuhkan waktu 10 hari untuk sampai ke Moskow pada tahun 2001 untuk mengadakan pertemuan dengan Putin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.