Dark/Light Mode

Rayakan Hari Literasi Internasional

Puluhan Anak Indonesia Enjoy Dengarkan Dongeng Penulis Australia David OShea

Kamis, 14 September 2023 17:31 WIB
Lebih dari 50 anak dari SD Kebun Jeruk 10, SD Santa Ursula Jakarta, dan TaCiTa Jakarta merayakan hari literasi internasional di Perpustakaan Jakarta, Cikini, Kamis (14/9). Foto: Laras/RM)
Lebih dari 50 anak dari SD Kebun Jeruk 10, SD Santa Ursula Jakarta, dan TaCiTa Jakarta merayakan hari literasi internasional di Perpustakaan Jakarta, Cikini, Kamis (14/9). Foto: Laras/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lebih dari 50 anak dari SD Kebun Jeruk 10, SD Santa Ursula Jakarta, dan TaCiTa Jakarta merayakan hari literasi internasional di Perpustakaan Jakarta, Cikini, Kamis (14/9).

Kedutaan Besar Australia di Jakarta secara khusus menghadirkan penulis Australia peraih penghargaan, David O’Shea, di sesi bercerita dan mendongeng di Australian Reading Corner, Perpustakaan Cikini.

Para anak tersebut menikmati cerita dari perjalanan Hush, seekor posum betina muda, di buku anak klasik Australia berjudul 'Possum Magic'.

David juga bercerita mengenai sembilan murid yang berhasil melewati berbagai rintangan di tahun akhir mereka di sekolah dasar dalam buku 'Class of Nine' karyanya.

Baca juga : Tambah Kios Komersil, Pupuk Indonesia Niaga Mudahkan Petani Dapat Pupuk Asli

"Saya ingin anak membaca buku bukan hanya untuk enjoy tapi juga untuk memberikan pesan edukasi agar anak belajar dari tantangan yang mereka hadapi dan menjadi bertambah dewasa dan bertanggung jawab," kata David kepada media.

David merupakan penulis dan pemenang penghargaan dari Gold Coast, Queensland, Australia.

Ia meraih kesuksesan atas karya buku fiksi anak untuk menginspirasi pembaca muda dalam mengatasi tantangan.

David yang juga merupakan pengajar di Sekolah Australia Jakarta, mengatakan tidak sulit baginya untuk menulis karya fiksi yang relate bagi anak saat ini sebab dia bisa melihat secara langsung problem yang biasa dihadapi anak saat ini.

Baca juga : Jadi Tuan Rumah Muktamar Sufi Internasional, Ganjar Gaungkan Perdamaian

"Saya memahami audiens muda karena saya bersama mereka setiap harinya. Jadi saya sering melihat tantangan yang kerap ditemui anak-anak," ujarnya.

SD Kebun Jeruk 10 dan SD Santa Ursula Jakarta merupakan bagian dari Program Kemitraan Sekolah BRIDGE Australia-Indonesia.

Sejumlah 35 buku Australia baru, dengan 21 judul telah ditambahkan ke dalam koleksi Australian Reading Corner di Perpustakaan Jakarta untuk memperingati Hari Literasi Internasional.

Di dalamnya termasuk buku anak-anak, fesyen, serta buku-buku tentang arsitektur, seni, dan pariwisata Australia. 

Baca juga : Jokowi: Muktamar Sufi Internasional Buktikan, Islam Indonesia Bukan Pinggiran

Steve Scott, Kuasa Usaha Kedutaan Besar Australia di Jakarta mengatakan kolaborasi dengan Perpustakaan Jakarta di Cikini dirancang untuk membantu menumbuhkan kecintaan akan membaca dan mendorong berbagi pengetahuan tentang Australia di antara anak-anak dan berbagai komunitas
di Indonesia 

"Saya senang Kedutaan Besar Australia merayakan Hari Literasi Internasional dengan membawa kegembiraan dan petualangan bagi anak-anak di Australian Reading Corner," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.