Dark/Light Mode

Dubes Norwegia Rut Giverin Hadiri Peresmian TPS Balak Banyuwangi

Sabtu, 16 September 2023 18:56 WIB
Dubes Norwegia untuk Indonesia Rut Kruger Giverin (tengah) menghadiri peresmian Tempat Pengelolaan Sampah TPS Balak, Songgon, Banyuwangi, Sabtu (16/9). (Foto: Dede Hermawan/Rakyat Merdeka)
Dubes Norwegia untuk Indonesia Rut Kruger Giverin (tengah) menghadiri peresmian Tempat Pengelolaan Sampah TPS Balak, Songgon, Banyuwangi, Sabtu (16/9). (Foto: Dede Hermawan/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Rut Kruger Giverin bersama Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas menghadiri peresmian Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) Balak, di Desa Balak, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Sabtu (16/9).

TPS Balak yang baru diresmikan ini merupakan bagian dari dana hibah pemerintah Norwegia melalui Systemiq, salah satu mitra kerja yang fokus dalam pengelolaan sampah atau waste management dalam mengembangkan penanganan sampah terpadu di Banyuwangi.

“Kami harap infrastruktur TPS Balak ini dapat mewujudkan pelaksanaan sistem pengolahan sampah sirkuler dan menjadi tolak ukur bagi kabupaten lain di Indonesia," Kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani disela-sela acara.

Baca juga : Dicoret Dari Timnas, Bek Persija: Ini Bukan Akhir Segalanya

Ipuk menambahkan, Tempat Pengelolaan Sampah ini nantinya akan mengolah sampah dari layanan pengangkutan sampah di rumah tangga yang berada di sekitar wilayah TPS, termasuk bahan-bahan yang akan didaur ulang, dengan kapasitas harian yang mampu memproses hingga 84 ton sampah per hari dan kapasitas pelayanan kepada sekitar 250.000 penduduk, atau 55.491 rumah.

“TPS Balak yang baru diresmikan ini diharapkan memberi manfaat tak hanya dalam hal penanganan dan pengelolaan sampah, juga dapat memberikan lapangan pekerjaan masyarakat Banyuwangi, terutama di 33 desa di sekitar TPS Balak ini,” Ujar Dubes Rut Giverin.

 

Dubes Norwegia untuk Indonesia Rut Kruger Giverin (ketiga kanan) saat meresmikan TPS Balak Banyuwangi, Sabtu (16/9). (Foto: Dede Hermawan/Rakyat Merdeka)

Baca juga : Desa Energi Berdikari Tanjung Karang Aceh Tamiang Berdayakan Difabel

 

TPS Balak ini pun telah dilengkapi alat penunjang yang secara efisien mengolah sampah organik dan non-organik, yang sebagian besar berasal dari rumah tangga di wilayah layanan.

Ke depannya, operasional TPS Balak diharapkan mampu mempekerjakan sekitar 200 orang karyawan dalam skala penuh.

Baca juga : PBB: Semua Negara Harus Bersatu Selesaikan Masalah Myanmar

“Saya sangat bangga dengan kerja nyata kami dan mitra-mitra pembangunan dalam membantu pemerintah daerah Banyuwangi, guna menciptakan Banyuwangi yang hijau dan bersih," ujar Ipuk.

Dubes Rut Giverin menambahkan. Peresmian TPS Balak ini sendiri Bertepatan dengan Hari Bersih-Bersih Sedunia (World Cleanup Day) yang jatuh pada Sabtu 16 September 2023.

Selain Dubes Norwegia dan Bupati Banyuwangi, hadir pula Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas serta Nani Hendiarti Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves mewakili Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, yang berhalangan hadir.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.