Dark/Light Mode

Soal Berita Di Majalah Tempo, Haji Isam Lapor Dewan Pers

Selasa, 22 Agustus 2023 19:26 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Junaidi Tirtanata, kuasa hukum pengusaha asal Kalimantan Selatan atau (Kalsel) Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam melaporkan Majalah Berita Mingguan Tempo ke Dewan Pers, Selasa (22/8).

Pelaporan ini terkait tulisan opini berjudul: Kontroversi Pengangkatan Pejabat KLHK, yang dimuat Majalah Tempo di halaman 30 dan 31 pada edisi 14-20 Agustus 2023.

Junaidi mengungkapkan, kliennya keberatan dengan tulisan opini yang mengulas pengangkatan Hanif Faisol Nurofiq sebagai Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Baca juga : Warga Bekasi Ramaikan HUT RI Dengan Pawai Sepeda Hias

Selain itu, dalam laporan yang dilayangkan kepada Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers Dewan Pers Yadi Hendriana, tim kuasa hukum Haji Isam juga melaporkan pemberitaan Majalah Tempo edisi 14-20 Agustus 2023 halaman 202, 203, 204 yang berjudul: Comot Pasang Tanda Tangan.

Serta, halaman 205 dengan judul: Orang Daerah di Lembaga Basah. Dalam pandangan Junaidi, tulisan tersebut berisi opini yang cenderung tendensius terhadap kliennya.

Terkait hal ini, Yadi Hendriana mengatakan, pihaknya telah menerima pengaduan tersebut.

Baca juga : Cuaca Besok Di Jakarta Diramal Cerah Berawan Tapi Panas, Ini Laporan BMKG

“Betul, Dewan Pers telah menerima pengaduan dari lawyer Bapak Haji Andi Syamsuddin Arsyad, yakni Junaidi dan Mohtar Yogasara atas tulisan Majalah Tempo (edisi) 20 Agustus. Kami sedang mendalami dan menganalisis kasusnya,” ujar Yadi, saat dikontak RM.id, Selasa (22/8).

Junaidi berharap, Dewan Pers memerintahkan Majalah Tempo menghapus nama Haji Isam dalam kolom opini dan pemberitaan edisi 14-20 Agustus 2023.

Sebab menurutnya, artikel itu mencoba mengaitkan kliennya, dengan peristiwa seleksi di KLHK. Padahal, tidak ada hubungannya sama sekali.

Baca juga : Beringin Pilih Prabowo, Airlangga Lapor Ke Luhut Di Istana

Selain itu, dia juga meminta Dewan Pers mempertimbangkan untuk menghukum Majalah Tempo dengan permohonan maaf kepada Haji Islam dan disiarkan di 15 media nasional cetak, elektronik, dan online.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.