Dark/Light Mode

Pernah 30 Tahun Buron

Kena Kanker Usus Besar, Bos Mafia Italia Matteo Messina Denaro Meninggal

Senin, 25 September 2023 11:41 WIB
Tangkapan layar Messina Denaro tengah saat ditangkap polisi di luar klinik kesehatan swasta di Ibu Kota Sisilia, Palermo, Italia, 16 Januari 2023. (Foto: Italian Carabinieri Press Office via Barrons)
Tangkapan layar Messina Denaro tengah saat ditangkap polisi di luar klinik kesehatan swasta di Ibu Kota Sisilia, Palermo, Italia, 16 Januari 2023. (Foto: Italian Carabinieri Press Office via Barrons)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bos mafia Italia Matteo Messina Denaro (61) yang ditangkap pada Januari 2023, setelah 30 tahun melarikan diri, dilaporkan meninggal dunia pada hari ini, Senin (25/9/2023).

Saat ditangkap di luar klinik kesehatan swasta di Ibu Kota Sisilia, Palermo pada 16 Januari 2023, Denaro sudah digerogoti kanker.

Ketika kondisinya memburuk dalam beberapa minggu terakhir, Denaro yang mendekam di penjara dengan tingkat keamanan maksimal di wilayah tengah Italia, dilarikan ke rumah sakit.

Dalam perawatan ini, Denaro tak mau mendapat treatment medis yang bersifat agresif. “Petugas medis berhenti memberinya makan, setelah Denaro dinyatakan koma,” demikian Kantor Berita ANSA, Senin (25/9).

Denaro dihukum karena berbagai aksi kejahatan. Termasuk, peran pentingnya dalam perencanaan pembunuhan jaksa anti-mafia Giovanni Falcone dan Paolo Borsellino pada tahun 1992. Ini adalah tindakan kriminal yang mengejutkan publik Italia, dan memicu tindakan keras terhadap massa Sisilia.

Baca juga : Ditangkap Di Bali, Buronan Kasus Senpi Ilegal Dito Mahendra Tiba Di Bareskrim

Tak cuma itu. Denaro juga dianggap bertanggung jawab atas pemboman di Roma, Florence, dan Milan pada tahun 1993, yang menewaskan 10 orang. Dia juga ikut mengatur penculikan Giuseppe Di Matteo (12), agar ayahnya tak memberikan bukti yang memberatkan mafia. Anak laki-laki itu ditahan selama dua tahun, lalu dibunuh.

Denaro yang dijuluki pers Italia dengan sebutan The Godfather terakhir, diyakini tidak memberikan informasi apa pun kepada polisi, pasca penangkapannya.

Menurut catatan medis yang bocor ke media Italia, Denaro telah dua kali menjalani operasi kanker usus besar, pada tahun 2020 dan 2022. Dia menjadi pasien dengan nama palsu.

Mengutip surat kabar La Repubblica, seorang dokter di Palermo mengungkap, kesehatan Denaro memburuk secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir, menjelang penangkapannya.

Anak Mafioso

Denaro yang lahir di Kota Castelvetrano, Sisilia barat daya pada tahun 1962 adalah anak seorang mafioso. Sejak kecil, dia sudah ikut gerombolan ayahnya. Usia 15 tahun, Denaro sudah memanggul senjata. Umur 18 tahun, dia sudah membunuh.

Baca juga : Mantan Penyelidik KPK Tahu Gerak-gerik Di Luar Negeri

Klan Castelvetrano yang bersekutu dengan Corleonesi pimpinan Salvatore "the Beast" Riina, merupakan boss of bosses tak terbantahkan dari gerombolan Sisilia, yang dikenal sebagai Cosa Nostra (Our Thing). Mereka dikenal kejam mengejar kekuasaan.

Denaro yang dijuluki U Siccu alias Si Kurus, menjadi anak didik kelompok tersebut. Dia tak kalah kejam dengan gurunya.

Dalam persidangan in absentia yang digelar untuk mengadili perannya dalam serangkaian pembunuhan massal, Denaro diganjar hukuman 20 tahun penjara. Si Kurus ini pernah mengaku telah membunuh cukup banyak orang, hingga kuburan penuh.

Tahun 1993, Denaro bersembunyi. Kala itu, banyak pengkhianat yang membocorkan perannya dalam gerombolan jahat tersebut. Namun, para penyelidik yakin, Denaro tak jauh-jauh dari Sisilia.

Merujuk laporan Reuters yang mengutip keterangan polisi, Denaro menghabiskan waktunya di tahun 2022 dengan bersembunyi di Campbello, Mazara, kota berpenduduk 11 ribu jiwa yang tak jauh dari rumah ibunya di Sisilia barat.

Baca juga : Korban Wafat Tragedi Kanjuruhan Bertambah 1, Total 133 Meninggal

Denaro berkomunikasi dengan mafia lain lewat pizzini, potongan kertas kecil yang terkadang ditulis dengan kode, dan dikirim lewat kurir. Beberapa di antaranya dicegat polisi.

Sepanjang hidupnya, Denaro tak pernah menikah. Tapi, dia memiliki banyak kekasih. Lewat tulisan, Denaro pernah mengungkap, dia punya anak perempuan. Namun, tak pernah bertemu dengan si buah hati.

Terlepas dari ketenarannya, jaksa selalu meragukan Denaro sebagai boss of bosses mafia. Jaksa menduga, Denaro hanya kepala Cosa Nostra di Sisilia barat.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.