Dark/Light Mode

Gelar BK PON Bola Tangan Pantai, Zulfydar Siapkan Atlet Menuju Pentas Dunia

Minggu, 3 September 2023 20:40 WIB
Ketua Umum PB ABTI, Zulfydar Zaidar Mochtar. (Foto : ist)
Ketua Umum PB ABTI, Zulfydar Zaidar Mochtar. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PB ABTI (Bola tangan) sukses menggelar kejuaraan bola tangan pantai Babak Kualifikasi (BK) PON XXI tahun 2024 di Lapangan Pasir, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Minggu (3/9). 

Dalam kejuaraan bola tangan pantai ini, tim putra Kaltim menjadi juara usai mengalahkan tim Kalbar di partai final dengan skor 20-2 dan 19-5.

Dengan hasil ini, tim Kaltim meraih medali emas, Kalbar perak dan Banten bersama Kalsel meraih juara tiga . 

Hasil ini memberikan tiket lolos ke PON XXI di partai eksibisi adalah peringkat 1 hingga sepuluh atau tim yang tampil di BK PON khusus, seperti Papua, DKI, Kaltara, dan Sulsel. 

Baca juga : PKS Siap Tantang Petahana

Di bola tangan pantai putri, tim Kaltim meraih juara mengalahkan tim Jateng yang di final  dengan angka 15-5 dan 20-10.

Tempat ketiga diraih tim Kalbar dan Kalsel. Jabar berada di peringkat empat namun tetap lolos ke BK Eksebisi PON XXI Aceh berdasarkan peringkat yang telah ditentukan. 

Ketua Umum PB ABTI, Zulfydar Zaidar Mochtar puas dengan capaian atletnya pada pertandingan bola tangan indoor dan bola tangan pantai dalam BK PON XXI di UNJ.

"Tim-tim yang lolos menuju PON XXI di Aceh berpacu tertus meningkatkan prestasi yang dimiliki. Dengan harapan, saat tampil di Aceh mampu menyuguhkan prestasi terbaiknya, " tegas Zulfydar usai menutup kejuaraan bola tangan pantai BK PON XXI di GOR UNJ. 

Baca juga : Di Depan BPK, Airlangga Paparkan Strategi Pemerintah Menuju Indonesia Emas 2045

Zulfydar melanjutkan, kejuaraan bola tangan pantai putra-putri sengaja digelar di BK PON XXI, sebagai ajang pemantauan atlet menuju POM Asean yang akan digelar di Surabaya tahun 2024.

Dengan begitu menurut Zulfydar, ajang BK PON XXI khususnya di nomor bola tangan pantai sangat penting sekali, meski di PON XXI di Aceh tahun 2024 masih tercatat sebagai pertandingan ekshibisi. 

"Hal ini harus disadari oleh semua Pengprov ABTI yang ada diseluruh Indonesia. Karena ajang eksibisi mempunyai bidikan yang lebih jauh lagi yaitu menuju POM Asean," jelasnya. 

Menurutnya, peluang nomor bola tangan pantai cukup besar ditingkat internasional. Itu terlihat pada tahun 2022, tim bola tangan putra dan putri Indonesia meraih medali perunggu di Kejuaraan Asean di Bangkok, Thailand. 

Baca juga : Gelar Drawing Kualifikasi PON, ABTI Siap Hasilkan Atlet Handal

Selanjutnya di Asian Beach Games di Bali, Maret 2023 tim bola tangan pantai putri Indonesia meraih medali perunggu. Sedang putra menempati peringkat tujuh dengan mengalahkan China, Qatar dan Bangkok. 

"Prestasi yang cukup membanggakan di nomor bola tangan putra Indonesia itu patut dilanjutkan. Karena peluangnya cukup besar membawa nama harum bangsa dan negara di percaturan internasional," kata Zulfydar. 

"Meski harus diakui nomor bola tangan pantai di Indonesia belum semarak di Indoor, meski prestasi yang diukir sudah mencapai Asia, bahkan hampir dunia," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.