Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hari Batik Nasional

Kain dan Busana Batik Undang Decak Kagum Warga Hongaria

Jumat, 4 Oktober 2019 07:32 WIB
Dewi Hartati Dimas Wahab (kiri depan) dalam acara Pameran dan Peragaan Batik Nasional di Budapest. (Foto KBRI Budapest)
Dewi Hartati Dimas Wahab (kiri depan) dalam acara Pameran dan Peragaan Batik Nasional di Budapest. (Foto KBRI Budapest)

RM.id  Rakyat Merdeka - “Elegant and beautiful!”, demikian decak kagum dari para tamu undangan yang menghadiri kegiatan “Batik Exhibition and Fashion Show” yang diselenggarakan KBRI Budapest di Wisma Duta dalam rangka Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2019.

“Kita mempromosikan Indonesia melalui berbagai jalur diplomasi dan kali ini menggunakan diplomasi kebudayaan khas Indonesia. Semua staf di KBRI Budapest setiap Jumat, saya anjurkan untuk menggunakan batik, meskipun harus datang untuk kegiatan pertemuan sekalipun,” kata Dewi Hartati Dimas Wahab, istri dari Dubes RI untuk Hongaria, dalam sambutannya kepada para Ladies Ambassador, pemerhati fashion dan jurnalis ketika membuka acara tersebut.

Baca juga : Di Hari Tunarungu Internasional, Asabri Berbagi Keceriaan dengan Anak-Anak Penyandang Disabilitas

Dalam keterangan yang diterima RMco.id, para tamu undangan dapat melihat langsung berbagai corak dan motif batik dari berbagai wilayah di Tanah Air yang dipamerkan di Wisma Duta. Koleksi batik yang dipamerkan di antaranya dari daerah Cirebon, Yogyakarta, Semarang, Pekalongan dan Surabaya. Keseluruhan koleksi adalah milik Ibu Darwina Pontjosutowo. Selain kain-kain batik dari berbagai daerah, turut juga ditampilkan Batik Corner, koleksi-koleksi batik non kain seperti lukisan batik, perhiasan dengan motif batik, tas, dompet, dan lain sebagainya.

Yang menarik, para tamu undangan juga diajak untuk melihat dan bahkan mencoba langsung cara pembuatan batik yang dilakukan alumni Darmasiswa yang merupakan WN Hongaria yang cinta budaya Indonesia. Lengkap dengan canting dan malam, Janos Vasco Sandor menjelaskan cara pembuatan batik.

Baca juga : Ini Klarifikasi Transjakarta Soal Puluhan Bus Yang Terbakar di Pondok Cabe

Uniknya peragaan busana kali ini diiringi musik “Live” gamelan Jawa yang dibawakan secara apik oleh kelompok gamelan Topong Bang asuhan KBRI Budapest. Ibu-Ibu Darma Wanita KBRI Budapest turut memperagakan kepada para hadirin cara menggunakan kain batik baik untuk kegiatan sehari-hari atau pergi tamasya di musim panas atau untuk menghadiri acara-acara seremonial lainnya.

Yang lebih menarik lagi semua nayaganya adalah orang Bule atau warga Hongaria yang cinta budaya Indonesia. Sebagian dari mereka pernah tinggal dan belajar karawitan di Indonesia melalui Beasiswa Darmasiswa RI yang dikelola oleh Kemendikbud RI.

Baca juga : Hari Maritim Nasional 2019 Momentum Tunjukkan Jati Diri Poros Maritim Dunia

Akhir acara sambil menikmati alunan musik gamelan, para tamu undangan disuguhi berbagai hidangan khas Indonesia seperti nasi goreng, gado-gado, soto ayam, rendang, sumpia, lapis legit dan wingko babat. Batik adalah warisan budaya Indonesia dan telah diakui UNESCO sebagai a Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity sejak 2 Oktober 2009. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.