Dark/Light Mode

Memperingati 70 Tahun RI-Italia

Indonesia Gaet Pengusaha Italia Genjot Perdagangan dan Investasi

Jumat, 4 Oktober 2019 08:29 WIB
Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani dalam Indonesia-Italy Business Forum (IIBF)” 2019 di Milan (2/10). (Foto KBRI Roma)
Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani dalam Indonesia-Italy Business Forum (IIBF)” 2019 di Milan (2/10). (Foto KBRI Roma)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia dan Italia memiliki banyak kerja sama dalam berbagai sektor ekonomi dan bisnis. Namun kerja sama tersebut belum mewakili seluruh potensi ekonomi kedua negara yang sangat besar. Indonesia dan Italia masih memiki banyak peluang kerja sama di berbagai sektor ekonomi untuk digarap.

Hal tersebut disampaikan Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani, pada sesi pembukaan Indonesia-Italy Business Forum (IIBF)” 2019 di Milan (2/10). Dalam keterangan yang diterima RMco.id, setelah sesi Pembukaan, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub memaparkan Indonesia Railway Outlook Toward 2030. 

Baca juga : BRI Genjot Pengembangan Bisnis

Presentasi dilanjutkan dengan Diskusi Panel terkait Peluang Kerja Sama Bisnis dan Investasi di sektor Infrastruktur, Telekomunikasi, Industri Transportasi, dan Ekonomi Kreatif. Kegiatan yang dihadiri oleh 100 peserta dari kalangan bisnis Indonesia dan Italia tersebut berhasil menjaring minat 47 pengusaha Italia yang hadir untuk tindak lanjut bisnis dan investasi.

Kegiatan ini sangat menarik karena disiapkan dengan baik dan sangat berguna untuk prospek bisnis antara pengusaha Indonesia dan Italia. Kesan tersebut disampaikan para peserta setempat yang hadir pada saat melakukan business to business meeting dengan delapan perusahaan/instansi dari Indonesia, yang berpotensi untuk mencapai kesepakatan bisnis.

Baca juga : GO Indonesia Peringatkan Permadi: Jangan Adu Domba TNI!

IIBF 2019 ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Italia. Event ini diselenggarakan atas kerja sama KBRI Roma dengan KADIN Indonesia, Kementerian Luar Negeri RI dan didukung oleh Italian Trade Agency (ITA-ICE), Confindustria, dan Italian Chamber of Commerce for South-East Asia.

Pada hari yang sama, Duta Besar Esti Andayani didampingi Atase Perdagangan KBRI Roma, Silvi Charlote dan Kepala ITPC Milan, Narita Nurindah juga berkunjung ke perusahaan Fresh Tropical Srl. di Milan. Duta Besar RI menyampaikan apresiasi atas kontribusi perusahaan ini sebagai importir produk Indonesia, khususnya mie instant dan menjadi distributor produk Indofood sejak 2017 dengan nilai dan volume yang cukup signifikan.

Baca juga : Sudah Waktunya Pelaut Indonesia Dapat Perhatian Pelayanan Kesehatan

Duta Besar RI juga mengharapkan Fresh Tropical Srl. untuk memperluas produk impornya dari Indonesia, khususnya buah segar, produk perikanan dan produk halal. Jawad S Cheema, pemilik perusahaan Fresh Tropical menyampaikan bahwa saat ini mereka dalam proses memasukan buah segar Indonesia ke Italia, antara lain manggis dan markisa melalui rekan dagang mereka di Prancis.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.