Dark/Light Mode

Terbitkan Obligasi Rp 5 Triliun

BRI Genjot Pengembangan Bisnis

Kamis, 3 Oktober 2019 19:18 WIB
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggelar Investor Gathering di Jakarta, Selasa (2/10). Dalam pertemuan itu BRI mengumumkan rencana penerbitan Obligasi Berkelanjutan III Tahap I Tahun 2019 senilai Rp 5 triliun.
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggelar Investor Gathering di Jakarta, Selasa (2/10). Dalam pertemuan itu BRI mengumumkan rencana penerbitan Obligasi Berkelanjutan III Tahap I Tahun 2019 senilai Rp 5 triliun.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus mengembangkan kinerja bisnis. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menerbitkan obligasi Berkelanjutan III Tahap I senilai Rp 5 Triliun di tahun 2019.

Direktur Keuangan Bank BRI Haru Koesmahargyo mengungkapkan, penerbitan obligasi ini untuk menggenjot kinerja bisnis perusahaan.

“Dana yang berhasil dihimpun dari penerbitan obligasi ini rencananya akan digunakan untuk mengembangkan bisnis perusahaan," ujarnya dalam siaran pers.

Penerbitan Obligasi Berkelanjutan III Tahap I Tahun 2019 ini ditargetkan mampu menghimpun dana sebesar Rp 5 triliun dari rencana total target dana dihimpun melalui penerbitan Obligasi Berkelanjutan III sebesar Rp 20 Triliun selama tahun 2019–2021.

Baca juga : Pegadaian Genjot Sinergitas Dan Digitalisasi

Dari sini Bank BRI akan lebih gencar mengembangkan bisnisnya seperti menyalurkan kredit ke publik dengan bijak.

"Untuk memperbesar penyaluran kredit berdasarkan prinsip prudential banking dan good corporate governance,” kata Haru.

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi adalah PT BCA Sekuritas. Obligasi BRI memiliki rating idAAA (TripleA) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) sehingga menunjukkan kemampuan perseroan yang sangat kuat dalam memenuhi kewajiban financial jangka panjangnya.

Pada PUB III tahap I ini BRI menyasar investor ritel sebagai segmen yang dibidik. Terdapat 3 seri pilihan obligasi yaitu Seri A (1tahun) Seri B (3tahun) dan Seri C (5tahun) dengan range kupon yang cukup menarik.

Baca juga : Tingkatkan Kerja Sama Investasi dan Pariwisata RI-China, KBRI Beijing Gelar Forum Bisnis

BRI menawarkan tingkat bunga untuk Seri A 6,5-7 persen, untuk seri B 7,19-7,79 persen dan untuk Seri C 7,51-8,21 persen.

Periode book building dilakukan mulai 2-16 Oktober 2019 dengan tanggal efektif diharapkan pada 29 Oktober 2019. Sehingga pada 31 Oktober-4 November 2019 bisa dilakukan Penawaran Umum.

Tanggal Penjatahan akan berlangsung 5 November 2019 dan 6 November 2019 pembayaran dari investor kepenjamin pelaksana emisi.

Distribusi obligasi secara elektronik akan dilakukan pada 7 November 2019 dan pencatatan di Bursa Efek Indonesia direncanakan pada 8 November 2019.

Baca juga : Reformulasi Genjot Program Transmigrasi

Adapun dari sisi kinerja, SVP Treasury & Global Services BRI Listiarini Dewajanti memaparkan, hingga akhir Semester I tahun 2019 BRI berhasil menunjukkan kinerja positif.

Tercatat pertumbuhan aset sebesar 11,6 persen lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan aset industri sebesar 7,7 persen.

Sedangkan kredit BRI juga tumbuh 11,3 persen atau lebih tinggi dibandingkan industri yang tumbuh sebesar 9,9 persen dengan kualitas kredit yang terjaga di level 2,33 persen atau lebih baik dibandingkan dengan rata-rata industri 2,50 persen.

Sementara untuk simpanan BRI mencatatkan peningkatan 12,9 persen atau lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan industri sebesar 7,4 persen. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.