Dark/Light Mode

Tak Lama Usai Nikahi Miss Rusia

Yang Di-Pertuan Agong Lengser

Senin, 7 Januari 2019 13:12 WIB
Sultan Muhammad V. (Foto : Istimewa).
Sultan Muhammad V. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sultan Muhammad V, kemarin, mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Raja Malaysia yang ke 15. Beberapa bulan usai nikahi ratu kecantikan atau Miss Rusia, Oksana Voevodina. Pengumuman ini menjawab rumor turun tahtanya yang sudah berembus sepekan terakhir.

“Yang mulia sudah bersiap kembali ke Kelantan Darul Naum dan mengurusi kesejahteraan warga Kelantan,” info staf Istana Negara. Malaysia selalu memilih satu dari sembilan pemimpin wilayah untuk menjadi Raja mereka untuk periode lima tahun. Sultan Muhammad V didapuk menjad Yang Dipertuan Agong ke-15 pada Desember 2016.

Baca juga : PM Perancis Belum Goyah

Dilansir NST, meski baru dua tahun, Sultan dari Kelantan itu memilih turun tahta. Pengunduran dirinya muncul setelah dirinya vakum selama dua bulan, sejak 2 November. Dia dikabarkan tengah perawatan medis. Namun dalan masa itu muncul berita permenikahannya dengan ratu kecantikan Rusia Oksana Voevodina di Moskow.

Upacara pernikahan keduanya berlangsung pada 23 November 2018 di Barvikha Concert Hall, Moskow, Rusia. Meski terkesan tertutup, media sosial menyambut baik berita tersebut. Pernikahan kerajaan, yang menggabungkan tradisi Melayu dan Rusia, diadakan di Barvikha Concert Hall di Moskow, Rusia, demikian seperti dikutip dari outlet media gaya hidup Malaysia, Hype.my pada November lalu.

Baca juga : Badai Yunani Tewaskan 1 Orang, 2 Hilang

Sedikit yang diketahui tentang pernikahan kerajaan itu. Sejumlah media Malaysia minim merilis pemberitaan. Media besar Malaysia, seperti New Strait Times dan Sinar Harian, telah memublikasikan berita tentang pernikahan itu lewat situs daring mereka masing-masing. Namun tampaknya, berita yang dimaksud telah ditarik dari peredaran.

Media gaya hidup Hype.my tetap memublikasikan pemberitaan dan sejumlah foto seputar pernikahan Sultan Muhammad V dan Oksana Voevodina, dengan mengutip sumber dari Islamnews.ru yang dikelola oleh Russian Islamic Media Agency.

Baca juga : Beijing Vs Washington Masih Sering Tegang

Biasanya, sangat jarang ada rumor dan isu yang beredar seputar keluarga kerajaan Malaysia. Meski Malaysia tak punya hukum lèse-majeste, seperti Thailand, aturan warisan zaman kolonial bisa digunakan pada mereka yang dianggap menghina atau mengkritik anggota kerajaan. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.