Dark/Light Mode

Lepas Garuda Select ke Inggris, Dubes Owen Jenkins Gelar Resepsi

Senin, 7 Oktober 2019 17:19 WIB
Dubes Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins (Foto: Istimewa)
Dubes Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia dengan penduduk terbesar keempat di dunia, dikenal sangat menggemari sepakbola. Sekitar 74 persen atau 174 juta dari total populasi Indonesia, turut menyaksikan laga sepakbola Piala Dunia.

Dengan jumlah tersebut, pemain sepakbola Indonesia sebenarnya layak berlaga di ajang Olimpiade dan Piala Dunia. Bukan tak mungkin, Indonesia bisa menjadi yang terhebat dalam dunia sepakbola.

Dengan pemain yang handal, melalui investasi di klub-klub sepak bola skala kecil, pertandingan yang adil dan bersih, serta penyusunan strategi yang matang, Indonesia pasti bisa unggul.

Menyikapi fenomena ini, Kedutaan Besar Inggris di Indonesia membuka program Garuda Select, sebagai ajang untuk meningkatkan kualitas pemain sepakbola Indonesia.

Baca juga : Tengah Malam, Rumah Calon PM Inggris Disamperin Polisi

Garuda Select akan mengajak 24 pemain sepakbola muda Indonesia untuk berangkat ke Inggris selama enam bulan, dan mewujudkan mimpi mereka untuk menjadi pemain sepakbola profesional.

Program yang merupakan hasil kolaborasi persahabatan Indonesia dan Inggris ini dijalankan oleh sekelompok warga negara Inggris, termasuk mantan pemain sepak bola Dennis Wise dan Des Walker.

Sebagai bentuk apresiasi, Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins akan mengadakan resepsi untuk menjamu 24 pemain U17 ‘Garuda Select’ yang berbakat, tim dari Super Soccer TV, serta perwakilan dari PSSI, dan British Council sebelum mereka berangkat ke Inggris.

 "Ini adalah program yang sangat baik. Adalah suatu kehormatan bagi saya untuk menjamu para pemain sepakbola berbakat dari Indonesia. Mereka telah terpilih melalui seleksi ketat dari 17.000 pulau di Indonesia. Saya menantikan kesempatan untuk bermain sepakbola dengan mereka, serta memantau Program Garuda Select dan memberikan semangat kepada mereka," ujar Dubes Jenkins.

Baca juga : Ljunberg Jadi Asisten Pelatih Arsenal

"Ini adalah program yang bisa mengubah hidup dan nasib seseorang. Pada program sebelumnya, dua pemain yang sempat cedera, mendapatkan perawatan dari dokter terbaik dari Inggris di Harley Street. Dengan bantuan medis ini, mereka sekarang dapat melanjutkan karier di dunia sepakbola. Pemain lainnya juga pernah mengalami penurunan kondisi kesehatan (demam berdarah dan tifus), dan mereka berhasil disembuhkan melalui Program Garuda Select. Keduanya dalam kondisi sehat sekarang. Garuda Select telah memperluas kesempatan bagi anak-anak Indonesia," imbuhnya.

Di Inggris, 24 pemain Garuda Select itu akan tinggal di asrama yang disediakan oleh pihak universitas, dan menikmati semua fasilitas yang tersedia. Termasuk makanan, bantuan medis, pelajaran Bahasa Inggris, pelatihan taktik sepak bola, serta tips untuk kesuksesan karier di bidang olahraga.

Mereka juga akan mendapatkan kesempatan bermain dengan klub sepakbola berbakat Inggris.

Ini akan menjadi kunjungan tim Garuda Select ke Inggris yang kedua. Kunjungan pertama dilakukan pada tahun 2018, juga dengan mengirimkan 24 pemain muda.

Baca juga : Hari Ini, KPU Mulai Gelar Rekapitulasi Suara Nasional

Enam pemain muda tersebut akan kembali ke Inggris untuk membantu 18 pemain lainnya yang baru berkunjung untuk pertama kali.

Sejak kunjungan pertama, para pemain sudah menunjukkan ketertarikan mereka pada klub bola Eropa dan Amerika. Ini adalah sebuah kesempatan yang bagus untuk membangun masa depan lebih baik bagi tim sepakbola Indonesia. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.