Dark/Light Mode

KJRI Cape Town Fasilitasi Kerja Sama Sister City Denpasar-Mossel Bay

Kamis, 16 November 2023 10:15 WIB
Konsul Jenderal RI Cape Town Tudiono (kiri) menyerahkan nota MoU yang sudah ditandatangani Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara ke Wali Kota Mossel Bay, di Kantor Wali Kota Mossel Bay, Rabu (15/11). (Foto: KJRI Cape Town)
Konsul Jenderal RI Cape Town Tudiono (kiri) menyerahkan nota MoU yang sudah ditandatangani Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara ke Wali Kota Mossel Bay, di Kantor Wali Kota Mossel Bay, Rabu (15/11). (Foto: KJRI Cape Town)

RM.id  Rakyat Merdeka - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Cape Town, Afrika Selatan, memfasilitasi penandatanganan nota kesepahaman kerja sama sister city Mossel Bay dengan Denpasar, Bali. Penandatanganan itu menandai era baru kerja sama yang terjalin sejak 2019.

Konsul Jenderal RI Cape Town Tudiono menyerahkan secara langsung nota kesepahaman yang sudah ditandatangani Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara pada pertemuan dengan Wali Kota Mossel Bay dan jajarannya, di Kantor Wali Kota Mossel Bay, Rabu (15/11).

"Kerja sama ini diperluas dengan penambahan bidang pengembangan sumber daya manusia dan keorganisasian. Selain itu masa berlaku perjanjian diperpanjang dari 3 tahun menjadi 5 tahun," ujar Tudiono, melalui keterangan tertulis, Kamis (16/11).

Baca juga : Perpusnas-Universitas Trilogi Kerja Sama Kuatkan Literasi

Mossel Bay merupakan kota pelabuhan dan dikenal sebagai salah satu kota wisata penting di Provinsi Western Cape, Afrika Selatan.

Pada pertemuan, itu Konsul Jenderal RI Cape Town, Tudiono didampingi Minister Counsellor Ekonomi, Counsellor Pensosbud, dan beberapa staf. Adapun Wali Kota Mossel Bay didampingi anggota parlemen kota Anton Dellemijn, Director Planning and Economic Development Carel Venter, dan Manager of Local Economic Development and Tourism Gwynnefer Harding.

"Kerja sama diperbarui meliputi peningkatan kerja sama di bidang promosi budaya dan pariwisata, ekonomi kreatif dan peningkatan kapasitas SDM pada bidang-bidang tersebut. Denpasar maupun Mossel Bay memiliki prioritas ekonomi yang bertumpu pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkap Tudiono.

Baca juga : KI Pusat Ajak Malaysia Kerja Sama Riset Dan Edukasi Keterbukaan Informasi

Dia berharap, hubungan dan kerja sama ini dapat lebih ditingkatkan secara konkret untuk kemanfaatan masyarakat kedua pihak mengingat opportunity window saat ini terbuka lebar. "Konsul Jenderal sampaikan KJRI Cape Town siap mendukung suksesnya kerja sama dan mengeksplor kerjasama lebih lanjut," kata Tudiono.

Selain itu, Tudiono mengapresiasi kesiapan dan dukungan Pemerintah Mossel Bay untuk penyelenggaraan Indonesian Folk Market di Mossel Bay pada akhir Maret 2024. Event ini sebelumnya terbukti sangat sukses diselenggarakan di halaman KJRI Cape Town pada 14 Oktober 2023.

Indonesian Folk Market dihadiri 4.695 pengunjung. Sebagian besar produk kuliner dan produk lain seperti batik dan kerajinan tangan habis terjual. Indonesian Folk Market antara lain menampilkan tari-tarian tradisional, hiburan musik yang dibawakan oleh Hari dan Rara, serta pertemuan Konjen dengan sejumlah CEO dan business matching.

Baca juga : Zhao Leji Apresiasi Peningkatan Kerja Sama Dengan Indonesia

Kota Mossel Bay mendukung penyelenggaraan Indonesian Folk Market di Mossel Bay pada Maret 2024. Mereka menyerahkan tanggal penyelenggaraan kepada KJRI dan Kota Denpasar yang diharapkan dapat berpartisipasi dalam Indonesian Folk Market.

Sebagai simbol kedekatan Mossel Bay dengan Denpasar, Kota Mossel Bay menamakan salah satu ruang di Balai Kota dengan nama Denpasar. "Selain itu, salah satu jalan akan dinamakan Denpasar. Proses penamaan ini sedang berjalan. Diharapkan peresmian nama dapat dilakukan pada saat penyelengaraan Indonesian Folk Market bulan Maret 2024," pungkas Tudiono.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.