Dark/Light Mode

Fotografer Rakyat Merdeka Raih Juara 3 Kontes Foto APEC 2023

Jumat, 17 November 2023 22:36 WIB
Foto karya Dwi Pambudo, wartawan foto Rakyat Merdeka. Foto yang berjudul Kontainer Pertanian ini terpilih sebagai juara 3 Kontes Foto APEC 2023.
Foto karya Dwi Pambudo, wartawan foto Rakyat Merdeka. Foto yang berjudul Kontainer Pertanian ini terpilih sebagai juara 3 Kontes Foto APEC 2023.

RM.id  Rakyat Merdeka - Fotografer Harian Rakyat Merdeka Dwi Pambudo kembali menoreh prestasi membanggakan di dunia fotografi. Karyanya terpilih sebagai juara 3 di kontes foto APEC 2023.

Pemenang kontes foto ini diumumkan di Pertemuan Menteri APEC oleh Duta Besar Matt Murray, Pejabat Senior Amerika Serikat untuk APEC, pada Selasa (13/11).

"Gambar-gambar ini, bercerita tentang prioritas tahun ini dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran sambil mengejar keterhubungan, inovasi, dan inklusi," kata Duta Besar Murray, dikutip dari laman resmi apec.org.

Perlu diketahui, Kontes Foto APEC tahun ini menerima 1.200 entri lebih dari 700-an fotografer profesional dan amatir dari 19 ekonomi anggota. 

Gambar-gambar tersebut mencerminkan interpretasi para fotografer terhadap tema APEC 2023, "Menciptakan Masa Depan yang Tangguh dan Berkelanjutan untuk Semua".

"Foto-foto pemenang juga menguatkan pentingnya menjaga keseimbangan antara tujuan ekonomi dan sosial," sambungnya.

Berikut ini daftar pemenang Kontes Foto APEC 2023:

Baca juga : Ini Hasil Polling Akun X Rakyat Merdeka: Ganjar-Mahfud Juara

- Juara Pertama: Jamikorn Srikam dari Thailand. Judul foto: Desa di Pulau. 

- Juara Kedua: New Yee Leong dari Malaysia. Judul foto: Pewaris. 

- Juara Ketiga: Dwi Pambudo dari Indonesia. Judul foto: Kontainer Pertanian.

- Penghargaan Pilihan Populer: Terang dengan Cahaya oleh Christian Jay Sotto dari Filipina

- Influencer Award: Transportasi Penting oleh Luke David dari Australia

Mengutip pengumuman Kontes Foto APEC 2023, penyelenggara menyediakan hadiah masing-masing: 

Juara Pertama: SGD 2,500 atau setara Rp 28,6 juta (Kurs Rp 11.475)

Baca juga : Majalah Media Kita BNPT Raih Bronze Winner Anugerah Humas Indonesia 2023

Juara Kedua: SGD 2,000 atau setara Rp 22,9 juta

Juara Ketiga: SGD 1,500 atau setara Rp 17,2 juta

Pilihan Populer: SGD 1,000 atau setara Rp 11,4 juta

Influencer Instagram: SGD 1,000 atau setara Rp 11,4 juta

Sekedar informasi, penilaian foto ini dilakukan berdasarkan interpretasi publik terhadap prioritas APEC, serta komposisi, kualitas, dan kreativitas foto. 

Foto-foto pemenang lainnya juga menggambarkan isu-isu kunci yang diangkat dalam berbagai diskusi dan pertemuan yang dipimpin oleh Amerika Serikat, mulai dari menjamin keamanan pangan, penguatan ketahanan rantai pasok, praktik pertanian inovatif hingga mengatasi inklusi dalam perdagangan.

Para pemenang dipilih oleh panel juri yang terdiri dari Pejabat Senior APEC Amerika Serikat, Duta Besar Matt Murray; Direktur Eksekutif Sekretariat APEC, Dr. Rebecca Sta Maria; dan fotografer pemenang penghargaan, Enny Nuraheni dari Indonesia dan Marvin Tang dari Singapura. 

Baca juga : Bekal Penting Penguji Kompetensi Wartawan

Influencer Award diberikan kepada entri foto yang paling banyak mendapat perhatian dari publik di akun Instagram APEC.

Direktur Eksekutif Sekretariat APEC, Dr. Rebecca Sta Maria mengatakan sejak dimulainya pada tahun 2011, Kontes Foto APEC terus menjadi platform untuk mengumpulkan umpan balik dan terhubung dengan publik lebih luas tentang isu-isu penting untuk pertumbuhan ekonomi.

"Melihat foto-foto tersebut, kita belajar bahwa meskipun setiap ekonomi anggota memiliki prioritas yang berbeda, mereka juga memiliki tujuan kolektif untuk mencapai pemulihan ekonomi dan keberlanjutan bagi wilayah ini," kata Dr. Sta Maria. 

Foto yang masuk dalam kontes ini datang dari berbagai negara, di antaranya Australia, Brunei Darussalam, Kanada, Chili, Hong Kong, China, Indonesia, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru;m, Papua Nugini, Peru, Republik Korea, Rusia, Singapura, Taipei Tiongkok, Thailand, Filipina, Amerika Serikat dan Vietnam.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.