Dark/Light Mode

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi

Beri Penghargaan Kepada Pegiat Hubungan Persahabatan Kedua Negara

Senin, 20 November 2023 07:10 WIB
Dubes Jepang Kenji Kanusugi (tengah depan) menyerahkan penghargaan Menteri Luar Negeri Jepang kepada Heru ‎Santoso Eto (kedua kanan depan) dan Mariko ‎Suryanto (kedua kiri depan) dilakukan di kediaman Kedutaan Besar Jepang, Jakarta, Jumat (17/11/2023). (Foto Larasati Dyah Utami/Harian Rakyat Merdeka/RM.id)
Dubes Jepang Kenji Kanusugi (tengah depan) menyerahkan penghargaan Menteri Luar Negeri Jepang kepada Heru ‎Santoso Eto (kedua kanan depan) dan Mariko ‎Suryanto (kedua kiri depan) dilakukan di kediaman Kedutaan Besar Jepang, Jakarta, Jumat (17/11/2023). (Foto Larasati Dyah Utami/Harian Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji memberikan penghargaan kepada dua tokoh, atas kontribusinya terhadap persahabatan antara Jepang dan Indonesia. Mereka adalah Heru Santoso Eto dan Mariko Suryanto.

Upacara penyerahan penghargaan Menteri Luar Negeri (Menlu) Jepang itu dilakukan di kediaman Duta Besar Jepang, Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Baca juga : Pandawa Ganjar NTB Jembatani Kolaborasi Peternak-Petani Dengan Perusahaan Pupuk Organik

“Saya merasa bahagia dapat memberikan penghargaan ini kepada keduanya,” kata Dubes Kanasugi dalam pidatonya.

Heru Santoso Eto merupakan Ketua Yayasan Warga Persahabatan (YWP). Kanasugi mengatakan, pada 2020, dengan dukungan komunitas Jepang di Indonesia, Heru juga menginisiasi hingga merampungkan sebuah proyek untuk mengubah kantor pusat YWP menjadi sebuah galeri sejarah.

Baca juga : Relasi Indonesia-China Di Puncak Sejarah, Media Kedua Negara Jadi Jembatan Hati

Hal ini guna mempromosikan pemahaman tentang sejarah komunitas keturunan Jepang di Indonesia kepada masyarakat umum dan warga Jepang yang berada di Indonesia.

“Selain itu, beliau juga berkontribusi besar demi penguatan hubungan kepercayaan dengan masyarakat Jepang di Indonesia,” ujarnya.

Baca juga : Pj Gubernur Jateng: Jaga Integritas, Penyelenggara Pemilu Sukseskan Pesta Demokrasi

Sedangkan Mariko Surjanto adalah salah satu keturunan Jepang yang telah berupaya keras menghidupkan kembali Yayasan Warga Persahabatan. Yayasan ini juga menjadi sebuah wadah untuk memperkuat solidaritas dan menyejahterakan keturunan mantan tentara Jepang yang tinggal di Indonesia. Dia juga telah berkontribusi terhadap kelanjutan kegiatan organisasi melalui kegiatan dukungan untuk generasi muda, yaitu generasi ketiga dan keempat dalam organisasi ini.

Mariko juga telah berkontribusi pada pendidikan bahasa Jepang di wilayah Indonesia. Lewat YWP, ia mendirikan Mie Gakuen, sebuah sekolah bahasa Jepang. Ia juga salah satu pendiri perkumpulan wanita Jepang yang bersuamikan warga negara Indonesia, Himawari Kai.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.