Dark/Light Mode

Dubes Korsel Tutup Perayaan 50 Tahun Korea-Indonesia

Sabtu, 2 Desember 2023 07:21 WIB
Dubes Lee Sang Deok (kedua kanan) bersama Ketua Foreign Policy Community of Indonesia FPCI Dino Patti Djalal (kedua kiri), mantan Deputi Menlu Korsel, Lee Kyung-soo (kiri) dan CEO Korea Herald, Choi Jin-young, di Jakarta, 30 November 2023. (Foto Larasati Dyah Utama/Rakyat Merdeka/RM.id)
Dubes Lee Sang Deok (kedua kanan) bersama Ketua Foreign Policy Community of Indonesia FPCI Dino Patti Djalal (kedua kiri), mantan Deputi Menlu Korsel, Lee Kyung-soo (kiri) dan CEO Korea Herald, Choi Jin-young, di Jakarta, 30 November 2023. (Foto Larasati Dyah Utama/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Korea Selatan (Korsel) untuk Indonesia, Lee Sang Deok resmi menutup acara perayaan 50 tahun hubungan diplomatik antara Korea dan Indonesia, Kamis malam (30/11/2023).

Acara yang diselenggarakan di Hotel Mulia, Jakarta ini dihadiri sejumlah menteri. Di antaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Hadir pula wirausahawan, artis dan pegiat seni seperti Raffi Ahmad, Luna Maya, hingga personel grup K-Pop ‘Secret Number’ Dita Karang.

Baca juga : Lewat Kolaborasi, Kemenperin Wujudkan Komunitas Industri Hijau

Dubes Lee mengatakan, Indonesia dan Korea pada setengah abad mendatang masih memiliki potensi kerja sama yang tidak terbatas. Pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN September lalu, Presiden Korea Yoon Suk-yeol dan Presiden Joko Widodo sepakat memperkuat ‘Kemitraan Strategis Khusus’.

Selain itu, kata Dubes Lee, pertukaran budaya dan hubungan antar masyarakat kedua negara telah berkembang pesat. Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap K-Pop dan K-Food, bukan hal yang mengejutkan lagi.

Sementara banyak warga Korea yang lambat laun mulai mengenal budaya Indonesia. Bahkan, ada beberapa orang Indonesia kini menjadi selebriti di kalangan anak muda Korea. Seperti Dita dari grup Secret Number, Zayyan dari grup Xodiac, hingga pemain bola voli Megawati yang menyabet penghargaan MVP Liga Bola Voli Wanita Korea.

Baca juga : Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Korea-Indonesia Sukses Digelar

Dubes Lee pun mengapresiasi debut sejumlah anak berbakat dari Indonesia ini. Dia berharap, semakin banyak talenta muda berbakat dari Indonesia yang muncul.

“Saya berharap hubungan biateral kita berkembang menjadi hubungan yang kokoh dan tak ternilai, seperti satu jiwa yang bersemayam dalam dua tubuh,” ujarnya.

Penutupan perayaan peringatan 50 tahun Korea dan Indonesia juga menampilkan StarBe, grup vokal perempuan dari Jakarta, yang terpilih menjalani pelatihan di Korea Selatan lewat acara Grow TwoGether.

Baca juga : Bamsoet Dorong Perusahaan Kendaraan Listrik Thailand Bangun Pabrik di Indonesia

Acara semakin meriah dengan sajian tarian Nusantara yang dibawakan N2b. Acara ini ditutup dengan penampilan N-Lions, yang menampilkan Korean martial arts Taekwondo. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.