Dark/Light Mode

Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Korea-Indonesia Sukses Digelar

Jumat, 1 Desember 2023 13:59 WIB
Forum kerja sama 50 Tahun Hubungan Diplomatik Korea-Indonesia sukses digelar pada Kamis (30/11/2023). Foto: Istimewa
Forum kerja sama 50 Tahun Hubungan Diplomatik Korea-Indonesia sukses digelar pada Kamis (30/11/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Forum kerja sama 50 Tahun Hubungan Diplomatik Korea-Indonesia sukses digelar pada Kamis (30/11/2023). Acara terbesar sepanjang sejarah antara Korea dan Indonesia dengan menghadirkan 55 pembicara dari perwakilan pemerintah, pengusaha, dan seniman dari kedua negara.

Dengan tema utama 'K-Wave & I-Wave, Together for the Future', forum ini diselenggarakan oleh Herald Corporation (Herald Economy & Korea Herald), Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia), Kedutaan Besar Korea di Indonesia, Kedutaan Besar Indonesia di Korea, dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO).

Acara ini memiliki arti penting karena membahas berbagai bidang seperti diplomasi, ekonomi, dan budaya dalam merayakan 50 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Baca juga : Bamsoet Dorong Peningkatan Kerja Sama Bilateral Korea-Indonesia

Terutama, acara ini mendapat perhatian khusus setelah pertemuan puncak antara Presiden Korea Selatan, Yoon Seok yeol, dan Presiden Indonesia, Joko Widodo pada bulan September lalu.

Atas pertemuan itu, kedua negara memutuskan untuk menguatkan hubungan kemitraan, melalui kemitraan strategis khusus Sekitar 1000 lebih tamu hadir dalam acara ini, termasuk lebih dari 300 perwakilan dari perusahaan dan institusi di Indonesia.

Selama 12 jam dari pukul 9 pagi hingga 9 malam, acara ini mencatat rekor dengan 55 pembicara, 2 nota kesepahaman (MoU) dan 13 awards diberikan. Ini merupakan acara terbesar sepanjang sejarah peringatan 50 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Baca juga : AirAsia Pindahkan Penerbangan Domestik ke Terminal 2 Bandara Soetta

Presiden Yoon, dalam sambutannya melalui sambutan dari Duta Besar Korea di Indonesia Lee Sang deok, mengajak kedua negara untuk mempersiapkan masa depan bersama.

"Mari kita persiapkan strategi kemakmuran bersama di masa depan berdasarkan rasa saling percaya yang telah dibangun kedua negara kita selama 50 tahun terakhir,” ujarnya Kombinasi Korean Wave (K Wave) dan Indonesia Wave (I Wave) akan menciptakan gelombang besar bagi masa depan umat manusia.

"Saya menantikan untuk memberikan berbagai saran yang dapat menciptakan," tambahnya.

Baca juga : Pengusaha Thailand Mau Bangun Pabrik Bubuk Mesiu di Indonesia, Bamsoet Dukung

Presiden Joko Widodo dalam pidato melalui video mengatakan, tahun lalu, Korea menempati peringkat ke-7 di antara negara-negara dalam hal investasi di Indonesia.

"Saya menantikan kerja sama lebih lanjut antara kedua negara, termasuk dalam ekosistem kendaraan listrik," ujar Jokowi Pada sesi pagi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.