Dark/Light Mode

Dubes Indonesia Untuk Peru Ricky Suhendar Pamer Ragam Budaya Saat Resepsi HUT RI

Senin, 4 Desember 2023 07:11 WIB
Dubes Ricky Suhendar (tengah) bersama Plt Wakil Menteri Luar Negeri Peru, Elmer Jose Schialer Salcedo (kiri) dan Wakil Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Pariwisata Peru, Teresa Stella Mera Gomez di acara resepsi HUT RI, di Kota Lima, Peru, Senin (27/11/2023).
Dubes Ricky Suhendar (tengah) bersama Plt Wakil Menteri Luar Negeri Peru, Elmer Jose Schialer Salcedo (kiri) dan Wakil Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Pariwisata Peru, Teresa Stella Mera Gomez di acara resepsi HUT RI, di Kota Lima, Peru, Senin (27/11/2023).

RM.id  Rakyat Merdeka - Keberagaman budaya Indonesia dipamerkan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Lima dalam resepsi Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 dan 48 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Peru, di aula KBRI Lima, Senin (27/11/2023).

Penampilan angklung para pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan staf KBRI Lima membawakan lagu El Condor Pasa karya seniman Peru, memukau para tamu undangan. Penampilan Tari Tabal Gempita asal Kepulauan Riau yang dibawakan empat penari warga negara Peru, juga memikat para tamu. Suguhan seni budaya itu memberikan gambaran tentang ragam budaya Indonesia.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Brunei Darussalam Kunjungi WNI Di Penjara Maraburong

Sementara untuk menunjukkan keberagaman gastronomi Indonesia, KBRI Lima juga menyuguhkan variasi makanan khas Nusantara. Ada nasi goreng, mie goreng, sate ayam, semur daging, risoles rogut, martabak daging, kroket tuna, dadar gulung, lapis legit, talam ubi dan putu ayu.

Sambil menikmati keragaman gastronomi Indonesia, para tamu juga menyaksikan video “Capaian Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023” dan destinasi wisata unggulan Indonesia. Decakan kagum berdatangan dari para tamu yang terdiri dari perwakilan pejabat Peru, korps diplomatik, pebisnis, akademisi hingga friends of Indonesia.

Baca juga : PLN IP Perusahaan Energi Pertama Raih Predikat Great Place to Work 2023

Hadir sebagai tamu kehormatan, Plt Wakil Menteri Luar Negeri Peru Elmer Jose Schialer Salcedo dan Wakil Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Pariwisata Peru Teresa Stella Mera Gomez.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Peru Ricky Suhendar mengatakan, sebagai mitra strategis Indonesia di kawasan Amerika Selatan, Peru telah bekerja sama mempromosikan kontak antarmasyarakat di bidang politik, ekonomi dan budaya. Indonesia dan Peru, lanjutnya, telah menjalin hubungan diplomatik sejak 1975, dan tahun ini menandai 48 tahun hubungan baik kedua negara.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Brunei Darussalam Rayakan Hari Santri Hari Dan Pahlawan

“Saya gembira mengatakan bahwa hubungan bilateral antara Indonesia adalah hubungan yang kuat dan bermanfaat. Presiden Joko Widodo telah melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Peru Dina Boluarte di San Francisco pada 16 November 2023,” terang Dubes Ricky dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/11/2023).

Pada kesempatan ini, Dubes Ricky juga menggarisbawahi perkembangan kerja sama Indonesia dan Peru yang terus meningkat, dengan fokus pada kerja sama ekonomi dan perdagangan. Peru merupakan mitra strategis bagi Indonesia dan merupakan mitra dagang Indonesia terbesar ke-4 di Amerika Selatan. Neraca perdagangan antara Indonesia dan Peru menunjukkan pertumbuhan yang konstan dalam lima tahun terakhir. Hal ini menjadikan Peru sebagai pasar penting bagi produk Indonesia, antara lain kendaraan bermotor dan produk tekstil.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.