Dark/Light Mode

Dubes Indonesia Untuk Inggris Desra Percaya

Promosi Budaya Via Experience Indonesia Dublin

Sabtu, 21 Oktober 2023 07:17 WIB
Duta Besar Desra Percaya (kanan) bersama Menteri Negara Irlandia Jack Chambers dalam acara Experience Indonesia Dublin di Hotel Radisson Blue Royal Dublin, Irlandia, Kamis (19/10/2023). (Foto Harian Rakyat Merdeka/KBRI London)
Duta Besar Desra Percaya (kanan) bersama Menteri Negara Irlandia Jack Chambers dalam acara Experience Indonesia Dublin di Hotel Radisson Blue Royal Dublin, Irlandia, Kamis (19/10/2023). (Foto Harian Rakyat Merdeka/KBRI London)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) mengadakan resepsi diplomatik dengan tema Experience Indonesia Dublin, Kamis (19/10). Buruknya cuaca akibat imbas badai Babet di Dublin, Irlandia, tidak menyurutkan antusiasme tamu undangan untuk menghadiri promosi seni dan budaya tersebut yang digelar di Hotel Radisson Blue Royal Dublin, Irlandia, Kamis (19/10).

Sekitar 200 tamu dari kalangan Pemerintah Irlandia, korps diplomatik, kalangan bisnis, akademia, diaspora Indonesia hingga mahasiwa Indonesia berkumpul di aula hotel. Hadir dalam acara itu, Menteri Negara Departemen Transportasi Irlandia, Jack Chambers, Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi dan Konsul Kehormatan RI untuk Irlandia Martin Murray.

Baca juga : Gamelan Hadiah Sultan Hangatkan Experience Indonesia Dublin Di Tengah Badai

Dalam sambutannya, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Inggris, merangkap Irlandia dan International Maritime Organization, Desra Percaya menyampaikan, Experience Indonesia Dublin diselenggarakan dalam rangka peringatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-78. Acara dimulai dengan seremoni Potong Tumpeng, yang sekaligus memperkenalkan warisan budaya dan ikon kuliner Indonesia.

Selain itu, Dubes Desra memberi apresiasi kunjungan kerja Menteri Chambers ke Indonesia, Maret lalu, yang menghasilkan sejumlah komitmen penguatan kerja sama bidang pendidikan, ekonomi digital, pariwisata berkelanjutan hingga energi terbarukan. Data perdagangan kedua negara di 2023 tercatat sebesar 261,3 juta dolar AS atau sekitar Rp 4 triliun.

Baca juga : Airlangga Beberkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Dalam 7 Kuartal

Dubes Desra menambahkan, Experience Indonesia Dublin mengawali persiapan perayaan 40 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Irlandia pada 2024.

“Perayaan tersebut akan dioptimalkan dengan melakukan berbagai inisiatif yang memberi manfaat konkret bagi kedua negara,” ujar Dubes Desra.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Jepang Pamer Tenun Ulos Di Resepsi HUT TNI

“Mari kita dorong kunjungan misi bisnis Irlandia ke Indonesia sesegera mungkin untuk buka jalan dan berkolaborasi lebih luas,” lanjutnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.