Dark/Light Mode

Dubes Achmad Ubaedillah Resmikan Loket BPJS TK Di Brunei Darussalam

Selasa, 12 Desember 2023 05:42 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam, Achmad Ubaedillah. (Foto KBRI Bandar Seri Begawan)
Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam, Achmad Ubaedillah. (Foto KBRI Bandar Seri Begawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam, Achmad Ubaedillah meresmikan Loket Desk Temporary Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) di KBRI Bandar Seri Begawan (BSB), Senin (4/12/2023). Ia menegaskan ini merupakan komitmen negara untuk memberikan perlindungan bagi WNI.

Prosesi gunting pita, menandakan pelayanan temporer BPJS TK bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di KBRI BSB mulai dijalankan. Gunting pita dilakukan Dubes Ubaedillah dan Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Zainudin.

Hadir pula dalam acara ini, Wakil Kepala Perwakilan RI Irwan Iding, seluruh Pejabat dan Staf KBRI BSB, Pejabat dari Direktorat Pelindungan WNI Kementerian Luar Negeri dan jajaran BPJS TK dalam acara ini.

Baca juga : Dubes Ubaedillah Bangga Pramuka Indonesia Ramaikan Jambore ke-5 Brunei

“Sinergi antara KBRI Bandar Seri Begawan dan BPJS Ketenagakerjaan adalah bentuk kehadiran negara dalam menjamin kesejahteraan dan perlindungan bagi pekerja migran di Brunei Darussalam,” kata Dubes Ubaedillah.

Menurutnya, langkah tersebut telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia yang wajib memiliki jaminan sosial. Dan telah sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Pengoperasian BPJS Ketenagakerjaan di KBRI BSB sekaligus merupakan tindak lanjut Nota Kesepahaman No. PRJ/ PK/00048/11/2023/66/10 antara Kementerian Luar Negeri dan BPJS Ketenagakerjaan tentang Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi PMI. Nota Kesepahaman ini ditandatangani pada 11 November 2023 di KBRI Singapura, dengan ruang lingkup kerja sama antara lain Perluasan Program Jamsostek, Sosialisasi, dan Perluasan Kanal di luar negeri.

Baca juga : Ketum PP Muhammadiyah Resmikan Asrama Ponpes Putra Al Kautsar Di Sumbar

Loket Desk Temporary BPJS Ketenagakerjaan di KBRI BSB rencananya akan dijadikan sebagai pilot project bagi Perwakilan RI lainnya. Hal ini tidak terlepas dari angka Pendaftaran Online Mandiri untuk kepesertaan BPJS di Brunei merupakan yang tertinggi per bulan pada 2023.

Menurut Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, PMI di Brunei Darussalam adalah terbesar yang aktif kepesertaannya di BPJS Ketenagakerjaan pada November 2023. Jumlahnya mencapai 4.228, naik drastis dari 3.700 pada bulan lalu. Capaian sebelumnya, antara lain pada periode Januari-Oktober 2023, Brunei adalah negara dengan pendaftaran perpanjangan PMI luar negeri tertinggi via Pendaftaran Online Mandiri.

Penyelenggaran loket sementara pelayanan BPJS Ketenagakerjaan akan berlangsung selama Desember 2023. Loket dibuka mulai Senin hingga Jumat pukul 08.30-16.00 waktu setempat.

Baca juga : Dubes Ubaedillah Dan WNI Di Brunei, Bangga Melepas Kepulangan Timnas Indonesia

Zainuddin mengatakan, kerja sama tersebut merupakan upaya pencegahan dalam kerangka pelindungan PMI dalam Program Melaju Megah.

“Yaitu Melayani dengan Jujur Melaksanakan Pencegahan yang dilaksanakan melalui kegiatan sosialisasi secara berkala baik melalui penyebaran informasi maupun penyuluhan secara daring dan luring dengan PMI di Brunei Darussalam,” tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.