Dark/Light Mode

Jokowi: Kerja Sama ASEAN-Jepang Harus Bermanfaat Langsung Bagi Rakyat

Minggu, 17 Desember 2023 18:54 WIB
Presiden Jokowi (kiri, depan) saat membuka KTT Perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang di Hotel The Okura, Tokyo, Minggu (17/12/2023). (Foto: BPMI Setkab)
Presiden Jokowi (kiri, depan) saat membuka KTT Perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang di Hotel The Okura, Tokyo, Minggu (17/12/2023). (Foto: BPMI Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan, kemitraan ASEAN-Jepang selama 50 tahun telah meraih banyak capaian dalam menjaga stabilitas dan perdamaian, mendekatkan masyarakat, serta menggerakkan pertumbuhan ekonomi kawasan.

"Sehingga harus direalisasikan dalam bentuk kerja sama konkret yang saling menguntungkan dan bermanfaat langsung bagi masyarakat. Seperti pendanaan infrastruktur, transisi energi, transformasi digital, ketahanan pangan, dan penguatan rantai pasok,” ujar Presiden saat membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang di Hotel The Okura, Tokyo, Minggu (17/12/2023).

Baca juga : Jokowi Dorong Proyek Kerja Sama Dengan Investor Jepang, Termasuk IKN

Menurut Presiden, kemitraan ASEAN-Jepang harus berorientasi masa depan. Untuk itu, ASEAN berharap Jepang sebagai salah satu mitra paling aktif dapat terus menjadi trusted partner dalam mewujudkan Asia Timur dan Indo-Pasifik, sebagai kawasan yang tangguh dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi.

"Kita semua bertanggung jawab menjaga kedamaian, stabilitas dan inklusivitas kawasan melalui penguatan habit of dialogue and cooperation (habit dialog dan kerja sama),” papar Presiden.

Baca juga : Mama Wati Menangis Haru Bisa Bertemu Kembali Dengan Ganjar Pranowo Di Jayapura

Presiden berharap, kemitraan ASEAN-Jepang juga dilandasi pernyataan visi bersama dan rencana implementasi yang akan dihasilkan dari KTT ini.

Hasil KTT ini diharapkan dapat mendukung visi Komunitas ASEAN 2045.

Baca juga : Boy Thohir Pastikan, Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Tiongkok Terus Berjalan Lancar

“Saya berharap, this new generation partnership (kemitraan generasi baru ini) dapat menjadi jangkar bagi kemakmuran, perdamaian, dan stabilitas kawasan kita bersama,” tutur Presiden yang didampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, dan Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.