Dark/Light Mode

Dubes RI Di Brunei Buka Pemeriksaan Kesehatan Gratis Untuk Pekerja Migran

Jumat, 22 Desember 2023 06:18 WIB
Dubes Achmad Ubaedillah menyapa pekerja migran di KBRI Bandar Seri Begawan, 13 November 2023. (Foto KBRI Bandar Seri Begawan)
Dubes Achmad Ubaedillah menyapa pekerja migran di KBRI Bandar Seri Begawan, 13 November 2023. (Foto KBRI Bandar Seri Begawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Brunei Darussalam Achmad Ubaedillah membuka pelayanan kesehatan secara gratis kepada para Pekerja Migran Indonesia (PMI) pada 16 Desember 2023. Pelayanan kesehatan ini berada di shelter (tempat penampungan sementara) KBRI Bandar Seri Begawan (BSB).

Pemeriksaan gratis dilakukan dalam rangka menyambut Hari Migran Internasional 2023. Dubes Ubaedillah menyampaikan, pelayanan kesehatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang telah diselenggarakan sejak 15 Desember lalu.

Baca juga : Libur Bisa Pulihkan Mental Dan Fisik Skuad Maung Bandung

“Kegiatan ini juga untuk mendukung proses penyelesaian kasus-kasus yang ditangani KBRI dengan pihak-pihak terkait,” jelas Dubes Ubaedillah dalam keterangannya, Kamis (21/12/2023).

Dubes yang merupakan diplomat nonkarier itu menambahkan, pemeriksaan kesehatan secara gratis merupakan kepedulian negara terhadap keberadaan PMI. Pemerintah memastikan bahwa tingkat kesehatan mereka dapat terjaga dengan baik.

Baca juga : Ini Pesan Mahfud Untuk Pekerja Migran Indonesia

Pelayanan Kesehatan dilakukan dokter dari Kuala Belait dan perawat dari Jerudong Park Medical Centre. Pelayanan kesehatan gratis ini meliputi pemeriksaan kolesterol, kadar gula, asam urat dan tekanan darah. Untuk memeriahkan acara, pada kesempatan itu juga digelar lomba karaoke bagi PMI yang berada di shelter KBRI BSB.

Dalam keterangannya, Ubaedillah juga menyinggung hak-hak PMI yang berhasil diperjuangkan KBRI BSB untuk asuransi adalah sebanyak 173,8 ribu dolar Brunei (sekitar Rp 1.911.800,000.00), penyelesaian gaji sebanyak 49.819,98 dolar Brunei (sekitar Rp 548.019.780), dan kompensasi sebanyak 8,3 ribu dolar Brunei (sekitar Rp 91.300.000). 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.