Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Turki Nobar Trinity Traveller Di MIKTA Film Festival

Jumat, 29 Desember 2023 07:07 WIB
Dubes Achmad Rizal Purnama (tengah) bersama pengunjung rangkaian acara MIKTA Film Festival, Sabtu (23/12/2023). (Foto KBRI Ankara)
Dubes Achmad Rizal Purnama (tengah) bersama pengunjung rangkaian acara MIKTA Film Festival, Sabtu (23/12/2023). (Foto KBRI Ankara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan anak muda berkumpul di hall Panorama Mall, Ankara, Turki, Sabtu (23/12/2023). Mereka terlihat antusias ikut nonton bareng (nobar) film Trinity Traveller dalam MIKTA Film Festival.

Festival Film MIKTA diselenggarakan pada 22-23 Desember 2023 dalam kerangka MIKTA Week, di bawah keketuaan Indonesia di tahun ini. Negara-negara MIKTA terdiri dari Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia.

Baca juga : Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi Pererat Komunitas Indonesia Di Okinawa

Trinity Traveller merupakan film karya sineas Indonesia, sutradara Rizal Mantovani. Tak kurang dari 250 penonton ikut nobar, Sabtu lalu.

Salah seorang penonton, Ozan Tozkoparan (17) menyatakan, menonton film Indonesia di Turki adalah kesempatan langka. Bersama teman-temannya, mereka memutuskan ikut menonton setelah mengetahui bahwa film tersebut mengisahkan petualangan anak muda. Ozan mengapresiasi Festival Film MIKTA, karena memberikan alternatif hiburan di luar opsi mainstream film Eropa atau Hollywood.

Baca juga : Dubes RI Untuk Suriah Kenalkan Kuliner Produk Tanah Air Di House Of Indonesia

Festival itu juga menyuguhkan film “Museo” dari Meksiko, “Son Aksam Yemegi” dari Turki, “Storm Boy” dari Australia dan “Miracle” dari Korea Selatan.

Sebelum pemutaran film, diadakan resepsi yang dihadiri sejumlah undangan dan kalangan diplomat asing. Dalam sambutannya, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Turki, Achmad Rizal Purnama mengungkapkan, film adalah salah satu alat diplimasi efektif untuk mempromosikan suatu negara.

Baca juga : Dubes Uni Emirat Arab Untuk Indonesia Menari Di Perayaan Hari Nasional

“Kami harapkan film ini dapat menyentuh kalangan muda Turki. Membantu mereka mengenal dan memahami negara-negara anggota MIKTA,” terang Dubes Rizal dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/12/2023).

Selain MIKTA Film Festival, Indonesia juga menginisiasi penyelenggaraan MIKTA Strategic Forum, menghadirkan pembicara dari negara-negara MIKTA di Turki pada 21 Desember lalu. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.