Dark/Light Mode

Bicara Cuma 1 Jam Selama 28 Tahun

Senin, 15 Januari 2024 05:31 WIB
Saraswati Devi, perempuan India yang puasa ngomong selama 30 tahun. (Foto PTI)
Saraswati Devi, perempuan India yang puasa ngomong selama 30 tahun. (Foto PTI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Diam selama puluhan tahun, walaupun tidak bisu adalah hal yang jarang terjadi di dunia. Namun, ini dilakukan seorang wanita di India, demi mengabdi kepada Dewa Ram. Tapi, wanita tersebut pada 2024 ini akan mengakhiri sumpah diamnya selama 30 tahun, setelah kuil Dewa Ram diresmikan pada 22 Januari 2024.

Wanita tersebut bernama Saraswati Devi, yang akrab dipanggil ‘Mauni Mata’. Wanita berusia 85 tahun itu hanya berbicara selama satu jam sehari dalam aksinya itu.

Saraswati memulai ‘maun vrat’ (sumpah diam) pada 1992. Sumpah ini sebagai bentuk pengabdian hidupnya kepada Dewa Ram, setelah kematian suaminya pada 1986.

Baca juga : Duel Nambah Pengalaman

Ditinggal mati sang suami, Devi kerap meninggalkan kampungnya Jharkhand untuk melakukan ziarah. Pada 1992, dia tiba di Ayodhya, Uttar Pradesh. Di sana, dia bertemu Kepala Kuil Ram Janmabhoomi Trust, Mahant Nritya Gopal Das. Pria itu yang memerintahkan Devi untuk mengelilingi Gunung Kamtanath sebagai tanda pengabdian kepada Dewa Ram.

Pada 6 Desember 1992, Saraswati bertemu Swami Nritya Gopal Das, Kepala Kuil Mani Ram Das Ki Chavani. Saraswati sangat terinspirasi olehnya, sehingga dia bersumpah untuk tidak berbicara sama sekali, sampai kuil baru yang didedikasikan untuk Dewa Ram di Ayodhya, rampung dibangun.

Supaya nggak sendirian di Jharkand, Saraswati tinggal bersama putranya si Nand Lal Agarwal, di Dhaiya, Dhanbad.

Baca juga : Tekad Ryo Matsumura Bersama Persija Di Tahun 2024

“Dia diam selama 23 jam sehari, hanya bicara sejam pada siang hari. Selebihnya, dia berkomunikasi dengan kami melalui pena dan kertas,” kata menantunya.

Di pertengahan 2020, Perdana Menteri India Narendra Modi secara resmi mengumumkan pembangunan kuil Dewa Ram. Sejak itu, Saraswati kembali bersumpah benar-benar berhenti bicara tanpa jeda, sampai kuil Ram selesai dibangun.

Pada 22 Januari mendatang, kuil Ram akan diresmikan. Di hari itu, Saraswati akan mengakhiri maun vrat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.